Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Pesawat Kepresidenan Rp 820 M Tiba Desember 2013

Tidak lama lagi, pemerintah Indonesia akan memiliki pesawat khusus kepresidenan. Setelah berkali-kali diwacanakan, pesawat kepresidenan tersebut akhirnya akan benar-benar diwujudkan. Mensesneg Sudi Silalahi bahkan memastikan bahw…

Tidak lama lagi, pemerintah Indonesia akan memiliki pesawat khusus kepresidenan. Setelah berkali-kali diwacanakan, pesawat kepresidenan tersebut akhirnya akan benar-benar diwujudkan. Mensesneg Sudi Silalahi bahkan memastikan bahwa pesawat tersebut akan datang pada Desember mendatang. "Desember tahun ini. Memang jadwalnya begitu karena banyaklah prosesnya," ujarnya di Jakarta, Rabu (17/7).Sudi menuturkan, pesawat tersebut akan mulai aktif beroperasi pada Januari 2014. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) direncanakan menggunakan pesawat tersebut dua hingga tiga kali selama 2014, sebelum masa jabatannya berakhir. "Paling cepat Januari tahun depan. Paling digunakan nanti program tahun 2014. Selama program 2014 sampai sebelum Oktober kira-kira. Itu bisa dua sampai tiga kali pakailah," tuturnya sembari tersenyum.

Menurut mantan Seskab tersebut, SBY pernah melihat bahkan menjajal pesawat Boeing bertipe business jet II tersebut. "Mungkin sudah nyoba-nyoba," katanya. Proses realisasi pesawat khusus kepresidenan tersebut, ujar Sudi, berlangsung cukup lama. Dia menguraikan banyak proses yang harus dilalui, antara lain pengecekan sistem keamanan. "Tidak bisa segera (direalisasikan). Karena sistem keamanan, interior, semua harus betul-betul oke. Sebelum terbang, akan dilakukan pengecekan," lanjut dia. Kata Sudi, banyak pandangan miring terkait dengan pembelian pesawat kepresidenan tersebut. Tidak sedikit yang menganggap bahwa keputusan tersebut menghambur-hamburkan uang negara. Namun, dia menekankan bahwa pengadaan pesawat tersebut justru menghemat pengeluaran negara.

Menteri 64 tahun itu memaparkan, anggaran yang bisa dihemat mencapai 300 persen. Dia mengakui, biaya penyewaan pesawat untuk mengangkut presiden dari maskapai penerbangan Garuda mencapai Rp 500 miliar per tahun. "Kalau nyewa, hampir segitu memang. Nanti tinggal bahan bakar. Karena itu, sekarang justru lebih boros. Nanti kalau sudah datang akan sangat menghemat," paparnya. Seperti diberitakan, Indonesia resmi membeli pesawat kepresidenan. Pesawat RI 1 berjenis Boeing business jet II (BBJ II) itu dibeli dengan harga USD 91,2 juta atau sekitar Rp 820 miliar. Pesawat BBJ II tersebut didesain untuk keperluan very very important person (VVIP). Yakni, didesain dengan konfigurasi mewah, dengan kamar tidur utama, toilet yang dilengkapi dengan shower, ruang konferensi, ruang makan, dan ruang tamu.Dengan daya tampung 39.539 liter bahan bakar, pesawat tersebut dapat terbang maksimal sejauh 10.334 kilometer. Pesawat tersebut mampu terbang jauh nonstop selama 10 hingga 12 jam dengan kapasitas maksimal 70 penumpang. Pesawat tersebut juga dirancang untuk bisa mendarat di bandara kecil. Di dalamnya ada peralatan navigasi, komunikasi, dan cabin insulation. (ken/c1/agm)

Spesifikasi Pesawat Kepresidenan:
Jenis pesawat Boeing bertipe business jet II


Daya tampung maksimal 70 penumpang
Didesain untuk VVIP dengan konfigurasi mewah
Mampu terbang maksimal sejauh 10.334 kilometer selama 10-12 jam
Kecepatan maksimal 871 kilometer per jam
Panjang sekitar 39,5 meter, panjang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter, dan diameter 3,73 meter
Harga USD 91,2 juta
sumber : http://www.jpnn.com/read/2013/07/18/182402/Pesawat-Kepresidenan-Rp-820-M-Tiba-Desember-







Bagiama pendapat anda sekalian?

7 komentar

  1. di kala rakyat dicekik dengan harga harga bahan pokok, pemerintah akan bersantai ria pesta fora dengan berbelanja hal hal yg muabdzir.

    BalasHapus
  2. bagus itu,untuk menunjang mobilitas pemerintah dan menghemat pengeluaran negara,nuruti permintaan rakyat ga ada habisnya,yang penting apapun kebijakan pemerintah untuk rakyat,walaupun itu sedikit menyengsarakan rakyat,pemerintah hrs punya jalan utk memberikan keringanan,walaupun itu sedikit.maju terus indonesiaku (h) (h)

    BalasHapus
  3. SEWA 500M, BELI 820M DENGAN KUALITAS DAN FASILITAS YANG WOWWWWWWWW BERARTI KL DENGAN KUALITAS YG DI BAWAHNYA BISA LEBIH EFISIEN LG KAN?? GA HARUS MENGHAMBURKAN SEGITU BANYAK????????? ATO KL BISA MALAH BELI YG BEKAS ....ATO JANGAN2 ADA BUAT PROJECT,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mungkin pengadaanya buat project kantongan :)

      Hapus
  4. dalemanya sih wah tapi saya yakin ni duit yang buat bayar pesawat :-#

    BalasHapus
  5. wow luar biasa mewahnya,,sangat menakjubkan

    BalasHapus
  6. jek penak jamanku tho....!!!!! sby cuma menyengsarakan rakyat, koruptor semakin menjamur bukan berkurang. q impikan, q rindukan SOEHARTO kembalilah

    BalasHapus