Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Forum Buruh Tawar Upah ke Jokowi Rp 2.767.320

Forum buruh DKI Jakarta akan kembali menggelar aksi demo besar-besaran dalam rangka menuntut kenaikan upah buruh sebesar Rp 3,7 juta di depan kantor Gubernur dan DPRD DKI Jakarta hari ini. Agenda aksi pada Selasa, 29 Oktober 2013…

Forum buruh DKI Jakarta akan kembali menggelar aksi demo besar-besaran dalam rangka menuntut kenaikan upah buruh sebesar Rp 3,7 juta di depan kantor Gubernur dan DPRD DKI Jakarta hari ini. Agenda aksi pada Selasa, 29 Oktober 2013, forum juga berencana bernegosiasi dengan pihak Gubernur DKI Joko Widodo.


“Hari ini aksi prakondisi mogok nasional akan dilakukan di kantor Gubernur dan DPRD DKI Jakarta. Kami menuntut komitmen Wakil Gubernur untuk merealisasikan tuntutan buruh kenaikan upah sebesar Rp 3,7 juta. Ini sesuai dengan janji Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) bahwa upah layak di DKI Jakarta adalah Rp 4 juta,” ujar Ketua Forum Buruh DKI Muhamad Toha siaran persnya, Selasa, 29 Oktober 2013.

Namun, kata Toha, bila tuntutan buruh ini dianggap berat, pihaknya siap bernegoisasi dengan dasar Komponen Standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Rp 2.767.320. KHL tersebut masih ditambah inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan produktifitas. Menurut Toha, aksi ini juga dilangsungkan di daerah-daerah lain seperti Bekasi, Purwakarta, dan Jember.

Gubernur Joko Widodo telah memberikan tanggapan dengan mengatakan buruh rasional dalam menuntut kenaikan Upah Minimun Provinsi (UMP). Saat ini UMP DKI besarannya Rp 2,2 juta, sementara itu buruh menuntut upah tahun depan menjadi Rp 3,7 juta.

Meski begitu, Jokowi mengaku menyerahkan urusan KHL ke Dewan Pengupahan yang di dalamnya ada unsur buruh dan pengusaha. KHL inilah yang menjadi penentuan UMP.
Dewan Pengupahan sudah memutuskan KHL 2013 sebesar Rp 2,299 juta, naik dari tahun lalu sebesar Rp 1,9 juta.


http://www.tempo.co/read/news/2013/10/29/214525442/Forum-Buruh-Tawar-Upah-ke-Jokowi-Rp-2767320

2 komentar

  1. HAHAHAHAHAHAHAHHAHAAHAHAHAHA Lucu emang ini Para Buruh, Kemaren demo pada kayak jagoan. Sekarang melemah, bilang "kalo upah 3,7jt memberatkan, siap bernegosiasi". Kasian amat kalian mas bro takut di pecat terus gak bisa makan ya, habis itu istri minta cerai. Emang Kalo gak ada otaknya nuntut maen nuntut aja gak pake pikiran. Realistis dikit mas bro, inget anda siapa, Pengusaha tanpa anda masih tetap kaya, Anda tanpa PENGUSAHA cuma jadi sampah masyarakat.

    BalasHapus
  2. Wong Udah NGOTOT ngajak NEGO. Memang kalo pendidikan rendah ya kayak gini ini.

    BalasHapus