Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Harga & Tampilan Motor Yamaha YZF-R1, YZF-R6, VMAX, TMAX

Akhir pekan lalu, 4 motor besar Yamaha yakni Yamaha YZF-R1, Yamaha YZF-R6, VMAX, TMAX, sudah diluncurkan. Kenapa Yamaha baru sekarang berani merilis motor besar?

"Kenapa baru sekarang? Sekarang Yamaha menunjukkan keseriusan …

Akhir pekan lalu, 4 motor besar Yamaha yakni Yamaha YZF-R1, Yamaha YZF-R6, VMAX, TMAX, sudah diluncurkan. Kenapa Yamaha baru sekarang berani merilis motor besar?

"Kenapa baru sekarang? Sekarang Yamaha menunjukkan keseriusan untuk bermain di segmen ini. Mengingat pangsa pasar di Indonesia cukup baik, dilihat dari GDP segmen medium up atau sosial A atau B terus berkembang," ujar General Manager Promotion and Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Eko Prabowo, saat dihubungi detikOto.

Eko pun merasa kelahiran 4 moge Yamaha di tanah air tidaklah telat, meski kompetitor sudah lebih dulu menghadirkan motor besar.

"Karena pertama, kita tidak mau terlalu bicara soal quantity (jumlah penjualan) kita hanya mau memenuhi pasar, memenuhi permintaan konsumen yang hobi (moge), dan menunjukkan status ekonomi pengendara," ujar Eko.

"Kedua, sebelumnya teman-teman IU (importir Umum) sudah ada sebelumnya. Dan sekarang kita hanya melegalisasi saja bahwa Yamaha pabrikan juga sudah memiliki moge CBU," tambah Eko.


Yamaha YZF-R1, R6, VMAX dan TMAX. Harga motor ini dijual mulai Rp 185 jutaan sampai Rp 500 juta. Seperti apa profil 4 motor ini?

Berikut data lengkap harga motor Yamaha:

1. Yamaha TMAX Rp 185 juta, tersedia tiga warna Solar Black, Competition White, Sonic Grey

2. Yamaha YZF-R6 Rp 235 juta full package dan Rp 220 juta no package. Full package terdiri dari helmet, jacket, glove, boots. R6 warnanya sama dengan R1 yaitu Race Blue, Matt Grey, Competition White.

3. Yamaha YZF-R1 Rp 350 juta rupiah full package dan Rp 335 juta untuk tipe no package. Full package terdiri dari helmet, jacket, glove, boots. R1 tersedia warna Race Blue, Matt Grey, Competition White.

4. VMAX harganya paling mahal dibandingkan tiga CBU lainnya yang akan dijual Yamaha, banderolnya Rp 500 juta. Hanya satu warnanya, Power Black.

Yamaha YZF-R1

Kalau menyebut YZF-R1, jelas motor ini sangat identik dengan MotoGP. R1 terbaru ini adalah motor supersport paling mutakhir yang pernah dibuat pabrikan Garpu Tala.


Teknologi crossplane crankshaft yang ada pada R1 itulah yang juga dimiliki Yamaha YZR-M1 dan tidak dimiliki R6, VMAX dan TMAX.

Karena itu popularitas R1 tak kalah mendunia dengan saudara dekatnya M1, meski tidak ditunggangi secara resmi oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di MotoGP dengan gelar juara dunia.

Teknologi crossplane crankshaft turut andil memberikan kepada Yamaha 6 gelar juara dunia MotoGP. Pencapaian mentereng ini ikut menguatkan imej R1 yang juga dibekali crossplane crankshaft.

Crossplane crankshaft adalah poros engkol dengan desain saling silang atau dengan kata lain memiliki durasi pengapian 90 derajat.

Hal ini berbeda dengan biasanya dimana mesin 4 silinder menerapkan pola pengapian 180 derajat sehingga pembakaran dapat terjadi dengan pola merata dan durasi yang saling bergantian mulai silinder pertama sampai keempat.

Beda dengan tipe mesin crossplane dimana pembakaran terjadi bergantian antara empat silinder namun dengan durasi yang tidak merata karena desain poros engkol yang saling bersilangan. Desain ini membuat tingkat redaman getaran mesin yang sempurna memanfatkan gaya tolak poros engkol yang saling bersilangan. Crossplane crankshaft mampu meraih torsi maksimum dengan cepat, sehingga tarikan menjadi responsif dan bertenaga di tiap tingkat putaran mesin.

R1 pertama kali diluncurkan di 1998. Dan keluaran tahun 2014 yang dipasarkan di Indonesia seperti di Eropa, dibangun oleh fitur utamanya sistem tujuh tingkat TCS (Traction Control System) mampu mengatur sistem Fuel Injection dan waktu pembakaran sehingga gejala spin di roda belakang dapat dicegah dan pengendalian lebih optimal.

Fitur utama lainnya yaitu YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) dari teknologi MotoGP dengan teknologi fly-by-wire untuk memberikan throttle response yang instan, dengan teknologi ini mampu mengontrol udara masuk ke dalam lubang bakar sehingga pembakaran optimal.

Selain itu tenaga yang dihasilkan selalu hadir di setiap putaran mesin. YCC-I (Yamaha Chip Controlled Intake) yaitu sistem variabel intake yang mampu membuat tenaga mesin lebih bertenaga di semua tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara bisa menyesuaikan kebutuhan mesin.

Sistem Fuel Injection memberikan campuran udara atau bahan bakar yang optimal untuk tenaga maksimum dan throttle response yang halus.

Desainnya aerodinamis dengan garis bodi yang diilhami MotoGP. Rangka Deltabox alumuniumnya terinspirasi MotoGP sehingga membuat pengendalian mantap, gesit, ringan dan juga stabil. Suspensi depan menggunakan YHSJ (Yamaha Hydraulic Systems Japan) yang mengadopsi teknologi MotoGP. Suspensi dengan fungsi khusus, bagian kiri untuk peredaman tekanan dan kanan untuk mengembalikan tekanan ke posisi normal.

R1 memiliki Front Cowl yaitu lubang udara untuk menyuplai udara yang mendukung tingkat aerodinamis sempurna. Double headlamp dengan projector membuat penyinaran yang fokus dan luas serta senja LED yang memperkuat aura sporty & kencang. Desain lampu belakangnya meruncing dan berada di tengah-tengah knalpot.

Sistem pembuangan gas model double knalpot mewakili genetika supersport dengan tenaga besar. Terletak di bagian atas dengan pelindung membuat tampilan belakang gagah. Speedometer R1 tampil sporty dengan kombinasi instrument digital dan analog serta multifungsi karena hadir indikator pendukung yang lengkap yakni TCS, D-Mode, dan Shift Light.

R1 didukung mesin 998 cc-in-line 4-silinder. Sementara untuk warna R1 tersedia warna Race Blue, Matt Grey, Competition White.



Yamaha YZF-R6

R6 motor Yamaha yang sudah teruji di trek balap dunia dengan pembalap level dunia. Cal Crutchlow, juara World Supersport Championship jadi contoh sukses bersama kesaktian R6.


Motor sport yang perdana keluar di pasaran tahun 1998 ini pun nikmat dikendarai di jalan raya dalam keseharian di luar sirkuit.

Suspensinya fleksibel karena pengaturannya dapat disesuaikan untuk harian dan balap.

R6 memakai rangka deltabox alumunium yang terinspirasi MotoGP. R6 juga memiliki teknologi YCC-I dan YCC-T seperti R1. YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) dari teknologi MotoGP dengan teknologi fly-by-wire.

Dengan teknologi ini mampu mengontrol udara masuk ke dalam lubang bakar sehingga pembakaran optimal.

Selain itu tenaga yang dihasilkan selalu hadir di setiap putaran mesin. YCC-I (Yamaha Chip Controlled Intake) yaitu sistem variabel intake yang mampu membuat tenaga mesin lebih bertenaga di semua tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara bisa menyesuaikan kebutuhan mesin.

Keunggulan istimewa lainnya dari R6 adalah knalpot titanium dilengkapi EXUP, yakni katup yang mengatur aliran gas buang sesuai dengan kecepatan motor.

Hasilnya, kinerja mesin menjadi responsif dan efisien. Kesan motor balap pada R6 juga dirasakan dari koplingnya yang terasa halus saat menurunkan gigi.

Itu dikarenakan adanya teknologi slipper clutch yang dapat meredam torsi di roda belakang saat pindah gigi ke posisi lebih rendah pada saat putaran mesin terlalu tinggi .

Mesin R6 juga dibangun silinder tanpa liner berlapis ceramic-composite yang memiliki karakter pelepasan panas yang baik untuk power delivery yang konsisten dan berkurangnya hambatan gesek.

Sedangkan sasisnya terbangun dari subframe magnesium menyebabkan berat motor yang tersentralisasi di tengah. Dan terdapat four-way adjustable (preload, high-speed compression, low-speed compression dan rebound damping) upside down fork dengan 41 mm inner tubes, memungkinkan setingan untuk penggunaan di jalan raya atau menyesuaikan kondisi sirkuit.

R6 memiliki rem yang lebih maksimal berkat rem depan ganda dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master cylinder & adjustable lever serta cakram belakang.

Sementara, kesan sporty diperkuat double headlamp depan sesuai ciri khas motor sport.

Dilengkapi AHO di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan.

Desain lampu belakangnya meruncing selaras dengan ujung bodi bagian belakang, menonjolkan identitas motor sport modern.

Dan speedometer yang tampil sporty dengan kombinasi instrumen digital dan analog serta multifungsi karena terdapat indikator pendukung yang lengkap pada multifunction display.




Yamaha VMAX

VMAX dirilis pertama kalinya di tahun 1985, didesain oleh Atsushi Ichijo, Ed Burke dan John Reed. Di tahun pertama dikeluarkan, VMAX langsung menyabet Bike of The Year versi Cycle Guide.

Edisi 2014 VMAX memiliki mesin yang lebih besar dalam sasis yang lebih compact untuk mendapatkan akselerasi mengagumkan dan handling tepat.

Motor muscle di abad 21 ini mesinnya super powerfull berkapasitas 1.679 cc dengan mesin tipe V dan didukung dengan teknologi Yamaha selalu menjadikannya lebih bertenaga.

VMAX merupakan motor 4 silinder mass production terbesar, dengan tenaga 200 Ps pada 9.000 rpm dan torsi 166.8 Nm pada 6.500 rpm.

Untuk menjadi motor seperti itu, mesinnya dilengkapi teknologi untuk meningkatkan performa yang tinggi dengan mesin yang compact, 16 valve, pent-roof combustion chamber ; sudut valve yang tegak ; desain mesin langkah pendek ; rasio kompresi tinggi ; busi iridium ; forged alumunium pistion ; cylinder dilapisi ceramic-composite.

Dan untuk mendapatkan connecting rod yang diproduksi dengan metode fracture split sehingga lubang big-end bearing sangat presisi dan kuat. Teknologi sama yang digunakan pada YZF-R1.

Mesinnya pun dilengkapi YCC-I dan YCC-T serta teknologi khas Yamaha yang membuat tenaga terus bergulir di setiap tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mesin.

VMAX tampil kekar dengan bentuk mesin terlihat sangat gagah yang menonjolkan desain motor khas Amerika.

Detail bodi diselesaikan dengan hand-made yang menghasilkan tampilan sangat eksklusif.

Untuk menopang bobot dan karakter motor besar ini, didukung kaki-kaki yang kuat, besar dan tangguh. Pelek berukuran 18 inchi dengan ban depan ukuran 120/70 dan ban belakang 200/50 membuat motor terlihat kuat dan tangguh, serta dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-Lock Brake System).

Fitur ABS membuat cakram tidak langsung terkunci saat melakukan pengereman sehingga jarak pengereman pendek dan stabil saat menggunakan rem di permukaan licin.

Kinerja rem pun lebih maksimal berkat rem depan ganda dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master cylinder dan adjustable lever serta cakram belakang.

Suspensinya yang kokoh mampu meredam pergerakan motor dengan lembut dan mudah dikendalikan, selain itu juga fleksibel karena dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara. Knalpot VMAX berbahan titanium dengan empat lubang keluar yang menghasilkan suara mantap sesuai karakter motor besar.

Knalpotnya memiliki teknologi EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve) yang mampu menyesuaikan gas buang dengan putaran mesin yang menghasilkan tekanan gas balik sempurna sehingga Torsi mesin semakin maksimal.

Rem lebih maksimal berkat rem depan ganda dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master cylinder & adjustable lever serta cakram belakang.

Koplingnya terasa halus ketika menurunkan gigi karena dilengkapi teknologi slipper clutch yang dapat meredam torsi di bagian roda belakang saat pindah gigi ke posisi lebih rendah pada putaran mesin yang berlebihan.

Speedometer VMAX bernuansa sporty dengan kombinasi instrumen digital dan analog. Dilengkapi shift timing yang dapat diatur sesuai keinginan pengendara. Ada sapaan untuk pengendara saat menyalakan motor yaitu Time To Ride – This is Vmax dan saat mematikan motor See You Next Time. Terdapat multifunction display di atas tangki. Display ini bukan LCD biasa, tapi OEL (Organic Electro Luminescence) display yang lebih terang dan mudah dibaca, dibandingkan LCD biasa. Fungsi yang ditampilkan adalah jam, stop watch, countdown, display throttle opening angle, gear position indicator, fuel meter.

Lampunya adalah kombinasi rancangan lampu utama yang modern dan radikal dengan tanpa cover lampu, memperkuat identitas sebagai motor yang bertenaga.

Bentuk lampu rem selaras dengan bodi belakang terlihat modern dan gagah. Dengan teknologi LED membuatnya mudah terlihat dan tidak menyilaukan pengendara lain. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 15 liter terletak di bawah kursi untuk meraih distribusi bobot di tengah dan membuat pengendaraan optimal.

Hanya satu warnanya yaitu Power Black.



Yamaha TMAX

TMAX, motor matik sport dengan garis bodi dinamis dan agresif yang sangat kental dengan karakter supersport. Ciri matic sport TMAX lebih dari motor maxi-matik lainnya.

Diperkenalkan pertama kali di tahun 2002 di Eropa dan generasi keduanya dirilis tahun 2008. Generasi keduanya juga dikeluarkan di Amerika Serikat pada tahun 2009 dengan model keluaran tahun itu.

Sport feel TMAX terasa dari sentuhan akhirnya dan telah menjadi ikon desain motor matik. Mengombinasikan sisi fun, kemewahan dan handling motor sport turing. Dengan bodywork dinamis, motornya halus dengan style dan power serta kenyamanan tinggi dan handling tepat. Paduan garis bodinya tegas dan desain agresif membuat tampilan dinamis dan kental karakter supersport.

Semakin bergaya dengan double projector headlamp dan lampu belakang LED. Selain terlihat sporty, lampu double projector membuat pancaran cahaya TMAX lebih fokus dan merata sehingga nyaman ketika berkendara siang maupun malam hari.

Lampu belakangnya tampil bergaya sporty dan modern berkat lampu rem model meruncing yang selaras dengan desain bodi serta penggunaan lampu LED.

Desain Wind Shield (perisai angin) yang aerodinamis dengan dua pilihan posisi yang dapat diatur sesuai keinginan pengendara, menyajikan kenyamanan optimal saat berkendara.

Tarikannya responsif pada putaran rendah-menengah. Bagasinya luas dan lapang terletak di balik jok penumpang untuk mengakomodasi barang bawaan pengendara dan penumpang baik saat turing maupun pemakaian sehari-hari.

TMAX memiliki inner pocket yakni tempat penyimpanan yang praktis dan aman pada bagian depan yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang pribadi pengendara.

Tempat duduknya dual seat dengan bantalan jok yang dapat diatur maju mundur dengan tiga pilihan posisi sehingga posisi berkendara nyaman.

Lokasi pengisian tangki bahan bakarnya berkapasitas 15 liter tergolong praktis karena terletak di bagian depan jok pengendara.

Rangkanya terbuat dari bahan alumunium terbaik yang kuat dan ringan sehingga mampu menjaga kestabilan motor dari kecepatan rendah sampai tinggi sehingga nyaman saat bermanuver.

Punya teknologi Belt Drive terbuat dari aramid fiber yang kuat dan tahan lama, mampu mengirimkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang dengan optimal.

Sistem pengereman ABS (Anti Lock Brack System) menghasilkan jarak henti yang lebih baik, selain itu ABS mampu menstabilkan pengereman pada kondisi jalan yang basah karena cakram tidak langsung terkunci saat pengereman.

Rem tangannya menjadikan TMAX lebih aman dan nyaman ketika motor berhenti di kontur jalan yang menanjak atau menurun.

Knalpot mendukung karakter supersport, bernuansa sporty dan berkelas, dilengkapi dengan pelindung knalpot yang berkualitas tinggi. Speedometer modern bernuansa octagon (segi delapan) dan nuansa cahaya merah. Terdapat juga multi information display yang lengkap pada bagian tengah dashboard. Pelek berdiameter 15 inci dengan ban depan 120/70 dan ban belakang 160/60 membuat motor lebih mantap bermanuver.

Fitur Smart Stand Side Switch membuat TMAX lebih aman karena saat standar samping diturunkan maka mesin akan mati secara otomatis. Dashboard modern, 2-step adjustable windscreen untuk kenyamanan optimal, knalpot sports-style high-up, dual seat dan grip penumpang yang nyaman. Tersedia penyimpanan underseat dan glovebox.

TMAX tersedia tiga warna Solar Black, Competition White, Sonic Grey.

Tidak ada komentar