Selamat datang d blog Heri Jaya, semoga bermanfaat untuk semua.

30 November 2013

Kelamin Disunat 5 Cm, Korban Laporkan Mantri ke Polisi

Mantri MSA yang menyunat kelamin FM diduga tidak berpengalaman. Sehingga, MSA melakukan kesalahan prosedur dan menyunat kelamin FM sepanjang 5 centimeter. FM pun mengalami cacat seumur hidup.

"Secara prosedur kemungkinan salah, mungkin kurang berpengalaman. Bukan kulitnya, tapi kepalanya (kelamin) terpotong sehingga mengalami pendarahan hebat," tutur pengacara FM, Joko Susanto, saat dihubungi Liputan6.com dari Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Karena mengalami pendarahan hebat saat disunat 12 September 2009 itu, FM kemudia dilarikan ke Rumah Sakit Margono Soekarjo, Purwokerto, Jawa Tengah. "Di sana kemudian sarafnya diikat agar pendarahan berhenti," tutur Joko.

Luka yang didapat FM saat kelas V SD itu kini sudah sembuh. Namun, saat ini FM masih merasa kesakitan akibat cacat yang dia dapat 4 tahun yang lalu itu. "Kalau lukanya sudah sembuh, tapi bentuk kelaminnya tidak beraturan," ujar dia.

"Kalau untuk ereksi merasa sakit. Sebab ikatan di depannya tertarik, sudah tidak normal lagi," tambah Joko.

MF kemudian melaporkan mantri MSA ke Mapolres Banyumas pada Rabu 27 November kemarin. Dia meminta pertanggungjawaban mantri MSA atas tindakan sunat pada 2009 silam.

http://news.liputan6.com/read/759180/kelamin-disunat-5-cm-fm-alami-cacat-seumur-hidup?wp.bsns

Kelamin Disunat 5 Cm, Remaja Banyumas Laporkan Mantri ke Polisi

Belum rampung ribut-ribut kasus dugaan malapraktik dokter Ayu cs di Manado, Sulawesi Utara, kini seorang pasien di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melaporkan seorang mantri ke polisi. Diduga, mantri kesehatan itu melakukan malapraktik.

Pasien yang masih berusia 15 tahun tersebut melaporkan mantri yang masih tetangganya karena diduga telah melakukan kesalahan saat mengkhitan alat kelamin.

Sang mantri dinilai telah keliru memotong alat kelaminnya sepanjang 5 centimeter dan mengakibatkan cacat seumur hidup. Akibat kesalahan penanganan medis, remaja itu kerap dijadikan bahan ejekan teman-temanya.

Karena sang mantri dianggap tak bertanggung jawab, akhirnya remaja berinisial AD itu mengadu ke Polres Banyumas, Kamis (28/11/2013), didampingi teman-temanya. AD melapor ke polisi sebagai tindakan terakhir, sebab sang mantri tak kunjung menyelesaikan kesalahan praktik medis.

Beberapa kali remaja yang merupakan pasien sang mantri kesehatan berusaha minta penyelesaian secara kekeluargaan. Namun upayanya tak pernah ditanggapi sang mantri.

AD menjadi pasien sang mantri pada 2009 lalu. Dengan diantar keluarganya, remaja itu melakukan khitan dengan mantri kesehatan. Namun setelah dilakukan khitan, remaja itu kaget melihat alat kelaminnya menjadi pendek dan cacat. Alat kelamin remaja itu terpotong sepanjang 5 centimeter.

Beberapa kali mendatangi sang mantri untuk menyelesaikan dugaan malapraktik itu, namun tak menemukan hasil. Polisi kini masih melakukan penyelidikan kasus dugaan malapraktik tersebut.

http://news.liputan6.com/read/758915/kelamin-disunat-5-cm-remaja-banyumas-laporkan-mantri-ke-polisi
Share:

Hp Kamera 41 MP Nokia Lumia 1020 Dijual Rp 7,9 Juta di Indonesia

Jakarta - Indonesia akhirnya kedatangan ponsel kamera jagoan Nokia. Perangkat bernama Lumia 1020 ini dibekali dengan sensor kamera 41 megapixel. Harganya?



Sensor 41 MP yang dimiliki Nokia Lumia 1020 memiliki enam lensa optik Zeiss, dilengkapi dengan optical image stabilization, sehingga diklaim dapat menghasilkan foto yang jernih dengan detail tajam layaknya kamera digital. "Bahkan dalam kondisi minimum cahaya," umbar Nokia.

Nokia Camera merupakan fitur baru yang diperkenalkan Nokia untuk pengguna yang ingin lebih berkreasi dalam mengambil foto. Dengan user interface yang sederhana, pengguna dapat melakukan pengaturan kamera secara manual seperti menggunakan SLR professional, melalui Nokia Camera.

Teknologi Nokia Rich Recording juga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan rekaman video dengan suara yang jernih dan gambar yang tajam.

Nokia Camera Grip menambah kelengkapan Nokia Lumia 1020 bagi pengguna. Aksesoris ini memberikan beragam fitur tambahan menarik yang meningkatkan produktivitas dalam menggunakan Nokia Lumia 1020.

Nokia Camera Grip dapat berfungsi sebagai aksesoris untuk pengisian baterai yang menambah jangka waktu hidup baterai. Untuk memudahkan pengguna dalam mengambil foto, pada Nokia Camera Grip juga terdapat tombol shutter dan lubang untuk memasang tripod.

Berbagai aplikasi ternama seperti Vine, Instagram, Waze, Facebook, Twitter, Foursquare, Skype sudah tersedia bagi pengguna Nokia Lumia bersama 190.000 koleksi aplikasi berkualitas di Windows Phone Store lainnya.

Nokia Lumia 1020 akan tersedia mulai 29 November 2013 dengan harga ritel Rp 7.999.000 dan Nokia Camera Grip tersedia dalam pilihan warna kuning, hitam dan putih.

sumber : http://inet.detik.com/read/2013/11/29/090858/2427054/317/
Share:

[Kebal Hukum] IDI Ancam Masyarakat Biar Tahu Bagaimana Rasanya Tanpa Dokter

Sekitar 500 dokter dari berbagai rumah sakit di Kota Surakarta, Jawa Tengah, menggelar aksi unjuk rasa di Kompleks Manahan Kota Surakarta.

Juru bicara aksi para dokter tersebut, dokter Fathoni mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas kriminalisasi terhadap profesi dokter. Dokter Fathoni, yang juga menjadi penasehat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di kota Surakarta tersebut menegaskan, seluruh aktifitas dokter di rumah sakit, maupun praktik pribadi, serentak diliburkan, kecuali dokter yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD).


“Aksi ini sebagai bentuk solidaritas rekan-rekan sejawat kita, para aparat penegak hukum menahan dan memenjarakan dokter Ayu dan kawan-kawan. Semua aktivitas dokter di Surakarta kita liburkan, baik itu yang praktek di rumah sakit, puskesmas, poliklinik maupun praktek pribadi semua libur hari ini. Masyarakat biar tahu bagaimana rasanya tanpa dokter. Tak ada dokter yang bertindak. Semua dokter, bukan hanya dokter kandungan atau SPOG saja. Semua dokter umum, spesialis, libur semua. Kecuali dokter yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat,” kata dokter Fathoni saat melakukan aksi unjuk rasa di Surakarta, Rabu (27/11).

Aksi demo para dokter membuat aktifitas di sejumlah rumah sakit tampak sepi. Puluhan warga yang hendak periksa rutin ke Rumah Sakit Dokter Muwardi kota Surakarta terpaksa pulang karena aksi mogok para dokter.

Para calon pasien yang berasal dari kota Surakarta dianjurkan oleh sejumlah satpam untuk kembali lagi besok. Sedangkan dari luar kota Surakarta diarahkan ke ruang IGD. Aktifitas IGD tampak normal dengan sejumlah dokter yang bertugas jaga atau piket.

sumber :
http://www.portalkbr.com/nusantara/jawabali/3038356_5538.html

Wakil Ketua MK: Profesi Montir Lebih Sulit daripada Dokter

Para dokter menolak dakwaan malpraktik yang dilakukan dr Ayu saat bertugas menangani pasien. Wakil Ketua MK Arief Hidayat berkomentar penanganan yang dilakukan dokter terhadap pasien lebih mudah daripada pekerjaan montir.

"Jadi, profesi montir itu lebih sulit daripada profesi dokter," kata Arief setengah berseloroh, Jumat (29/11/2013).

Arief berbicara dalam seminar 'Dekonstruksi Gerakan dan Pemikiran Hukum Progresif' di Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah. Komentar Arief disambut tawa sekitar 500 akademisi hukum yang memenuhi ruangan.

Arief menyimpulkan pekerjaan dokter lebih mudah daripada montir lantaran hasil kerja dua profesi itu direspon berbeda oleh orang-orang. Montir lebih sering menerima respon tak mengenakkan dibandingkan dokter.

"Dokter itu profesi paling enak. Yang menyembuhkan pasien itu Tuhan, tapi yang dapat honor malah dokter. Lalu kalau pasien sampai meninggal padahal sudah ditangani, dokter gampang saja tinggal bilang, 'Ini sudah nasib, saya sudah berusaha sekuat tenaga'," tutur Arief agak melucu.

"Sedangkan montir mobil, kalau hasil kerjanya bagus maka kita bayar. Tapi kalau mobilnya malah tambah rusak, orang nggak akan bisa bilang, 'ini sudah jadi takdir'," sambung Arief disambut tawa seisi ruangan.

 http://news.detik..com/read/2013/11/30/024243/2428331/10/wakil-ketua-mk-profesi-montir-lebih-sulit-daripada-dokter?n991102605
Share:

[Diundur] Dhani Ingatkan Risikonya Kalau Pertina Tak Izinkan Tinju Farhat VS Al El

JAKARTA - Ahmad Dhani khawatir apabila Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia) tidak memberikan izin sparring partner antara putra keduanya, Ahmad Jalaluddin Rumi alias El dengan Farhat Abas adu pukul di ring tinju.



Bapak empat anak itu, takut El tak dapat melampiaskan emosinya dan bertindak di melanggar hukum. Makanya, jalan satu-satunya adalah memberikan izin terhadap laga tersebut.

"Kalau Pertina menolak ini, kalau El nafsu di jalanan dan ketemu orang itu, kalau enggak difasilitasi gairah muda, akan berakibat fatal. Bisa berantem di jalanan dan enggak terkoordinir," ucapnya, Jumat, (29/11/2013), dalam jumpa pers di kediamannya, Pondok Indah, Jakarta Selatan.
Ia tak mau hal itu terjadi. Sebab, akibatnya akan sangat berbahaya. "Itu berbahaya. Tangannya El itu berbahaya kalau pukulin orang," lanjutnya.

Bos Republik Cita Management (RCM) itu, juga berharap tantangan El terhadap Farhat jangan disalahartikan. "Harusnya diapresiasi sama KPAI dan Komnas Perlindungan Anak. Agar tidak ada tawuran kalau mau ribut dibuktikan kekuatan mereka di ring tinju agar enggak ada tawuran pelajar di jalanan," tandasnya.

Sumber :
http://www.tribunnews.com/seleb/2013/11/29/ahmad-dhani-ingatkan-risikonya-kalau-pertina-tak-izinkan-tinju-farhat-vs-anaknya
Share:

(MILF) Ini Foto2 Istri Anggota DPR Tri Yulianto




Jakarta - Tri Yulianto anggota Komisi VII DPR disebut Rudi Rubiandini di persidangan di Pengadilan Tipikor. Di bawah sumpah, Rudi yang bersaksi untuk terdakwa Simon Gunawan dari Kernel Oil menyebut uang US$ 200 ribu diberikan dia kepada Tri. Uang itu untuk Komisi VII DPR.

Siapa Tri Yulianto itu? Diketahui dia merupakan anggota Fraksi Demokrat. Untuk 2014, Tri juga maju lagi menjadi Caleg lewat Partai Demokrat. Tri maju lewat Dapil DKI Jakarta I. Wilayah garapannya di Jakarta Timur, dia nomor urut 2.
Dari situs DPR.go.id yang dikutip, Jumat (29/11/2013) foto Tri tampak terlihat tengah beraksi di rapat Komisi VII. Tri mengenakan kacamata.


"Tri Yulianto kawan baik saya. Fungsionaris DPP PD. Rajin turun ke Dapil, tekun bina konstituen," komentar mantan Ketum PD Anas Urbaningrum saat ditanya sosok Tri.

Sayangnya Anas tak mau berkomentar soal uang yang disebut Rudi diberikan kepada Tri. "Hal-hal lain saya kurang tahu. Itu tidak baik dikomentari," jelas Anas.

Sayangnya Tri tak bisa dikonfirmasi soal ucapan Rudi. Telepon seluluernya tak bisa menerima panggilan telepon. Saat disambangi di DPR, Tri juga tak ada. Padahal klarifikasi Tri diperlukan, apakah benar yang disebut Rudi di bawah sumpah itu soal THR Rp 2 miliar.

Nih Bonus-Bonus fotonya :

 

 




 















 










sumber berita :
http://news.detik..com/read/2013/11/29/110527/2427192/10/ini-foto-tri-yulianto-anggota-dpr-yang-namanya-disebut-rudi-terima-thr?9922032
sumber foro :
dari berbagai medai sosial.
Share:

29 November 2013

Ada Kabar Polri Larang Sementara Polwan Berjilbab

 Tersiar kabar adanya Telegram Rahasia (TR) yang berisi pelarangan sementara bagi Polwan yang ingin menggunakan jilbab. Kabar ini tentu bertolak belakang dengan pernyataan Kapolri Jenderal Sutarman yang mempersilakan Polwan untuk berjilbab.


Anggota Kompolnas Hamidah Abdurrahman menyatakan, kabar tersebut benar adanya. Namun Hamidah sendiri belum melihat langsung isi surat yang menyatakan Polwan untuk tidak dulu mengenakan jilbab sampai dengan keluar payung hukum yang mengatur mengenai itu.

"Yang menandatangani itu Pak Wakapolri," kata Hamidah saat dihubungi wartawan, Jumat (29/11/2013).

Dari informasi yang diterimanya, isi surat menyatakan perlu diatur lebih lanjut mengenai pengenaan jilbab di lingkungan Polri. Surat tersebut disebar ke masing-masing Kapolda.

"Tentu sangat disayangkan, karena ini bertolak-belakang dengan pernyataan Kapolri sebelumnya yang mempersilakan Polwan mengenakan jilbab, Kapolri tidak konsisten," katanya.

Dihubungi terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Ronny F Sompie membantah perihak surat larangan berjilbab tersebut. "Enggak ada larangan, itu kan hak asasi manusia," ujar Ronny.

Meski belum ada aturan baku mengenai pengenaan jilbab, imbuh Ronny, para Polwan tersebut secara aturan berjilbab diharapkan mengacu kepada peraturan berjilbab di Aceh.

gar jangan sampai warna-warni," katanya.

Kembali ditegaskan mengenai edaran tersebut, Ronny tegas mengatakan bila surat tersebut tidak ada.

"Kalau ada pasti sampai ke mereka, bisa dibaca," ujar Ronny.

Sementara itu, Wakil Kapolri Komjen Oegroseno yang disebut-sebut menandatangani telegram rahasia tersebut belum bisa dihubungi. Telepon genggam Oegro tidak aktif. Sementara pesan singkat yang dikirim detikcom belum kunjung dibalas.

Sumber : m.detik.com/news/read/2013/11/29/195201/2428145/10/2/beredar-kabar-polri-larang-sementara-polwan-berjilbab

Share:

870 Dokter Asing Siap Serbu Indonesia

Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) mengeluarkan warning rencana serbuan dokter-dokter asing ke tanah air. Mereka bakal memperebutkan pemberian layanan kesehatan primer masyarakat. PDKI meminta dokter-dokter Indonesia meningkatkan kualitas dan kompetensi di bidang pelayanan pirmer.

Ketua PDKI Amrin Nurdin mengatakan, masuknya dokter-dokter asing itu secara resmi. Mereka memanfaatkan era persaingan bebas dan kesepakatan masyarakat ASEAN 2015 nanti. "Serbuan dokter-dokter asing ini harus disikapi secara bicaksana. Salah satunya adalah kita, dokter-dokter Indonesia harus meningkatkan kualitas," katanya dalam seminar Jaminan Kesehatan Nasional Berbasis Promotif dan Preventif di Jakarta, Minggu (27/10). Seminar ini diikuti sekitar 300 orang dokter umum.

Amrin menuturkan dokter asing yang sudah siap membuka jasa pelayanan di Indonesia sedikitnya ada 870 orang. Mereka akan fokus memberikan pelayanan home visit atau dokter kunjung keluarga. "Mereka masuk ke Indonesia dengan membawa berbagai perlengkapan kesehatan yang sangat memadai," tandasnya.

Menurut Amrin kondisi itu harus menjadi pemacu semangat dokter-dokter Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya. "Khususnya untuk menjadi dokter layanan primer dan menjadi dokter keluarga," papar dia.

Amrin juga menyoroti pemberlakuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per 1 Januari 2014 nanti. Pada periode itu, mengharuskan para dokter layanan primer memahami konsep dokter keluarga. Keberadaan dokter keluarga, dinilai mampu menignkatkan peran keluarga dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit atau kesakitan.

Jika masyarakat nanti tahu cara memelihara kesehatan, mereka jarang sakit. Jika jarang sakit, klaim asuransinya tidak banyak terpakai. Itu artinya terjadi penghematan dalam biaya kesehatan masyarakat. "Oleh karena itu pada sistem asuransi kesehatan massal seperti JKN, keberadaan dokter keluarga sangat penting," paparnya. Upaya pencegahan terhadap penyakit akan lebih dominan terhadap upaya pengobatan atau penyembuhan.

Kondisi saat ini menurut Amrin, dari 80 ribu dokter praktek umum atau dokter layanan primer Indonesia, baru sekitar 5 ribu (6,25 persen) memiliki pemahaman baik tentang perannya sebagai dokter keluarga. Padahal di sejumlah negara, konsep dokter keluarga sudah sangat popular.

Sebab masyarakat setempat sudah paham bahwa penanganan oleh satu dokter yang dipercaya,biayanya jauh lebih irit. Selain itu resiko keluarga juga lebih kecil ketimbang harus berganti-ganti dokter. Dia menegaskan dokter keluarga adalah dokter praktek umum.

Hanya dalam prakteknya, mereka menggunakan pendekatan kedokteran keluarga. Pendekatan ini memiliki empat prinsip. Yaitu pelayanan yang diberikan bersifat personal (individual), pelayanan bersifat primer atau dasar, pelayanan senantiasa mengupayakan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi. Dan yang terakhir adalah pelayanan bersifat berkelanjutan. Pada kesempatan ini Amrin mengatakan ada 15 ribu dokter umum menjalani pelatihan menjadi dokter keluarga.

Kendati demikian, mereka tidak bisa langsung dengan mudah masuk ke dalam pusat pelayanan kesehatan. Sebab akan banyak aturan yang harus mereka lengkapi. Sebelumnya pihak Kementerian Kesehatan menegaskan hal tersebut. "Tentu saja mereka tidak bisa langsung melakukan praktek," ujar Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Sejauh ini, lanjutnya, tenaga asing yang bisa masuk ke Indonesia baru sebatas ahli teknis di bidang kedokteran. Mereka sengaja diminta untuk memberikan arahan mengenai alat kesehatan ataupun seminar pendidikan kedokteran. Hampir jarang sekali ditemui adanya dokter asing praktek yang membuka secara langsung layanannya.

"Mereka pun mendapat pendampingan dari dokter Indonesia dalam penyampaiannya, bukan praktek mandiri," tandas Menkes. Sehingga, menurutnya, tidak akan mudah begitu saja para dokter asing ini masuk ke Indonesia. Pihaknya juga akan melakukan perlindungan untuk dokter-dokter lokal. Oleh karenanya, ia meminta para dokter di Indonesia untuk mau bekerja sama meningkatkan kualitas kerja mereka agar tidak kalah dengan para dokter asing.
Share:

28 November 2013

Jika Ada Keluhan? Ini Nomor HP dan E-mail Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggelar dialog dengam 1.500 warga di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Noember 2013. Para warga ini merupakan perwakilan dari masing-masing kelurahan.
Jokowi, sapaan akrab mantan Wali Kota Solo ini, duduk di panggung kecil dengan mengenakan batik cokelat motif lurik lengan panjang. Di tangannya ada kertas dan alat tulis. Sambil mendengarkan curhatan warga, ia mencatat dengan khusyuk.


Warga Kepulauan Seribu, Nugraha, mengeluhkan soal akses transportasi. Padahal, menurut warga Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan ini, tingkat kunjungan wisatawan tinggi. "Masa pelabuhan aksesnya dicampur tempat pelelangan ikan. Kami seperti dianaktirikan," kata pria 56 tahun ini.
Kemudian, Syarifudin, warga Cipayung Jakarta Timur, dan Nasrudin dari Pademangan, Jakarta Utara, mengeluhkan masih banyaknya tempat pijat plus-plus yang menurut mereka merupakan indikator gagalnya pembangunan masyarakat.
Masih banyak keluhan lainnya, seperti soal banjir, sampah, serta usulan soal menghidupkan kesenian masyarakat. Susana dialog ini cukup "panas" karena masing-masing perwakilan warga ingin menyampaikan keluhannya.
Setelah warga curhat, Jokowi berdiri, dia menjawab, "Untuk pertanyaan-pertanyaan ini, saya akan cek ke lapangan."
Dia mengaku tidak bisa memutuskan kalau belum melihat kondisi di lapangan. "Nah, kalau ada apa-apa, bisa SMS ke 08122600960 atau e-mail ke Gubdki@gmail.com," katanya.

Sumber tempo
Share:

Ini Yang Terjadi Saat Sehari Dokter Mogok








Dokter Mogok, Penderita Demam Tinggi Disuruh Pulang

- Aksi mogok yang digelar para dokter di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (27/11/2013) menyebabkan pasien di salah satu rumah sakit setempat telantar.

Hal itu dialami Eke (47), warga Kelurahan Anggilowu, Kecamatan Mandonga, Kendari, Sultra. Eke yang hendak berobat di Rumah Sakit Abunawas, Kendari, akibat menderita sesak napas, demam dan panas tinggi harus gigit jari. Pasalnya, tak satupun dokter yang bisa memeriksakan penyakitnya.

“Sekitar pukul 07.00 Wita saya datang ke RS Abunawas, tapi petugas jaga rumah sakit tersebut meminta saya datang besok, karena semua dokter tengah menggelar aksi demo,” tutur Eki, Kamis (27/11/2013).

Dengan kecewa, Eke terpaksa pulang meski harus menahan rasa sakit yang dideritanya. Walaupun ia sudah meminum obat yang bukan resep dokter, tetapi rasa sakit belum kunjung reda.

“Sebenarnya dari kemarin saya kesakitan, tapi hari ini sudah tidak bisa tahan sakitnya. Maunya ada dua atau tiga orang dokter lah yang jaga, jangan semuanya ikut demo, kasihan bu,” terangnya.

Berbeda dengan kondisi di Rumah Sakit Bahtermas, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pihak rumah sakit tersebut tetap menyiapkan tiga dokter jaga di ruangan intensif gawat darurat (IGD), namun tidak berlaku untuk ruang poli.

Direktur RS Bahteramas Sultra, dr Abdul Razak dikonfirmasi saat aksi solidaritas terhadap tiga dokter yang terjerat kasus hukum menyatakan, pihaknya telah melayani pasien di ruangan emergensi. “Tetap jalan pelayanan kok, rumah sakit sudah tahu kok kita mau menyelamatkan nyawa, tidak ada upaya untuk mencoba sebaliknya, lain kok. Cuma kadang kalah pandang mereka sering merendahkan kami sebagai dokter," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 500 orang dokter menggelar aksi mogok dengan mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi dan gedung DPRD Sultra. Mereka mengecam kriminalisasi terhadap tiga rekannya yang divonis bersalah oleh pengadilan.

Dokter Demo, Bayi Lahir di Toilet

 Paji Djera (26), warga Desa Kilimbatu, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur, terpaksa melahirkan di toilet Puskesmas Kawangu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini terjadi lantaran dokter dan petugas medis dikabarkan ikut dalam aksi demo solidaritas atas penahanan dr Ayu, dokter di Manado.
Kepada wartawan di Puskesmas Kawangu, Kecamatan Pandawai, Rabu (27/11/2013) siang, Kaita Lapir (72), ibu mertua korban mengatakan sangat menyangkan sikap para petugas kesehatan di lokasi itu.
Hal ini disebabkan tidak ada satu petugas kesehatan yang siap membantu para pasien di lokasi itu sejak pagi hari. Selain itu, dirinya juga menyayangkan kelahiran cucunya di dalam WC.
Kaita menceritakan, peristiwa tersebut bermula ketika Paji yang tidak tahan lagi dengan rasa sakitnya, pergi ke kamar WC puskesmas. Hal ini disebabkan, dia tidak bisa membedakan rasa sakit akan melahirkan dan rasa sakit ingin buang hajat.
Saat dirinya berada di mulut lubang WC dengan niat untuk membuang hajat, yang keluar malah janin perempuan dari dalam rahimnya. Bayi perempuan ini merupakan anak kedua. "Tuhan, kenapa punya cucu harus lahir begini, kami sangat menyesal datang ke sini karena ditelantarkan," keluhnya.
Sesaat setelah melahirkan, lanjutnya, Paji digotong oleh anggota keluarganya menuju ke ruang bersalin puskesmas setempat yang tidak ada petugasnya itu.
Informasi yang dihimpun Pos Kupang di lokasi tersebut menyebutkan, sejak Rabu (27/11/2013) pagi, ratusan pasien di puskesmas setempat sudah ditelantarkan oleh para petugas kesehatan.
Kuat dugaan, para petugas kesehatan diminta oleh pimpinan dan juga dokter di puskesmas itu untuk melakukan aksi mogok mendukung perjuangan para dokter yang menuntut pembebasan tiga dokter yang dipidana karena melakukan malapraktik.



Pasien Keguguran di RSUD Tenriawaru Telantar karena Dokternya Demo



TRIBUNNEWS.COM, WATAMPONE - Sejumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, tampak termangu di ruang tunggu rumah sakit setempat, Rabu (27/11/2013).
"Dari tadi menunggu, belum ada dokter, padahal keluarga kami keguguran dan sampai siang ini, belum ada tindakan medis," kata salah satu keluarga pasian Idah ditemui di RS Tenriawaru, Rabu (27/11/2013).
Sebelumnya, diketahui puluhan dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia IDI, Kabupaten Bone, Sulsel, menggelar aksi mogok kerja di depan Rumah.
Akibat tindakannya, sejumlah pasien dan keluarganya hanya bisa menunggu dan mengeluh atas terganggunya pelayanan rumah sakit yang baru-baru ini dikunjugi Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.
Aksi itu, merupakan bentuk solidaritas terhadap rekan sejawatnya, dr Dewa Ayu Sasiary di Manado, Sulawesi Utara yang divonis 10 bulan penjara atas dakwaan Malpraktik.

Dokter Mogok, Operasi 7 Pasien Hernia Batal


MANOKWARI, KOMPAS.com - Sejumlah dokter yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Manokwari, Papua Barat, Rabu (27/11/2013) kemarin, menggelar aksi mogok kerja.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas sesama dokter atas vonis 10 bulan penjara dari Mahkamah Agung (MA) terhadap tiga orang dokter di Manado yang dituduh melakukan malapratik.

Akibat tersebut, jadwal operasi terhadap tujuh pasien hernia pun dibatalkan. Selain itu, pelayanan terhadap pasien umum pun tidak dilakukan. Aksi mogok ini membuat sejumlah pasien telantar.

Direktur RSUD Manokwari, dr. Firman, mengatakan mereka mogok kerja hanya satu hari, terutama bagi para dokter yang bekerja di poliklinik. Sementara untuk pasien gawat darurat tetap akan dilayani.

“Hanya pelayanan yang sifatnya umum yang ditiadakan, dan mogok ini hanya sehari, dan kalau pasien gawat darurat tetap akan dilayani,” kata Firman.



Sumber dari berbagai sumber.
Share:

Review PAC MAN True ALL in One Pack Rom 4.3.1 @ Samsung Galaxy

Kali ini ane mau kasih revie tantang Rom Android di Taby Samsung Galaxy Tab 2 7.0.

Nah, sebelumnya apa sih PAC ROM yang katanya ALL in One Pack Roms??
Ya sesuai namanya, all in one, semua dalam satu, yaitu gabungan dari bebrapa rom jadi satu, dari AOKP, CM dll.

PAC roms yang terbaru baru samapi di android jellybeans 4.3.1 untuk kita tunggu saja waktunya, karena developernya berjanji akan segera menyelsaikan build 4.4
Rom 4.3.1 ini walau masih nightly tapi sudah stabil.
http://i.imgur.com/cZ9iHVc.png 

Untuk lebih jelas nya coba cek video dibawah ini :


sumber xda.
kalau mau memakai rom ini silahkan ikuti tutorial yang ada disini :
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2202854
Share:

27 November 2013

Masih ada, Sekolah SD di Banten yang mirip kandang hewan

Satu ruang berisikan 4 kelas. Dinding terbuat dari bilik bambu, lantai masih tanah, dan beratapkan rumbia.



Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) di ruang kelas SDN 1 Filial Girijagabaya yang berada di Kampung Sinarjaya, Desa Girijagabaya, Kecamatan Muncang, Lebak, Banten, Selasa (26/11). Sangat memprihatinkan dinding kelas yang di huni oleh kelas 1,2,3 dan 4 ini masih menggunakan bilik dan atap masih menggunakan daun rumbia.




Suasana saat puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) tengah melakukan aktivitas belajar di ruang kelas yang lantainya masih beralaskan tanah.




Suasana saat seorang guru tengah mengajar siswa Sekolah Dasar (SD) di ruang kelas SDN 1 Filial Girijagabaya yang berada di Kampung Sinarjaya, Desa Girijagabaya, Kecamatan Muncang, Lebak, Banten, Selasa (26/11).




Kondisi kelas tersebut akan semakin parah saat musim hujan karena banyak air yang masuk, baik dari atap maupun dari lantai, sehingga mengakibatkan aktivitas belajar berhenti.

Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) tengah melakukan aktivitas belajar di ruang kelas SDN 1 Filial Girijagabaya yang berada di Kampung Sinarjaya, Desa Girijagabaya, Kecamatan Muncang, Lebak, Banten, Selasa (26/11).
Share:

Dokter Mogok, Pasien Tumor Hampir Ngamuk

Aksi mogok yang dilakukan ratusan dokter di RSU dr Soetomo mengakibatkan puluhan pasien rawat jalan terlantar. Salah satu dari mereka bahkan ada yang mengamuk.

Pasien yang diketahui bernama Uly Agus, merupakan penderita tumor. Hari ini, rencananya ia akan melakukan kontrol rutin. Kemarahan Uly Agus tak terbendung saat usahanya untuk berobat ke RSU dr Soetomo, Rabu (27/11/2013) pagi, gagal.

Uly yang jauh-jauh datang dari Mojokerto ini kecewa lantaran dokter yang harusnya ia temui tidak ada di tempat kerjanya. Tak lama, ia pun langsung mendatangi ratusan dokter yang saat itu melakukan tafakur dan doa bersama di halaman gedung poliklinik RSU dr Soetomo.

Melihat ada pasien yang tadinya marah-marah di depan loket poliklinik, serempak karyawan dan dokter yang saat itu akan melaksanakan doa bersama pun menyorakinya, "Huuuuu," teriak mereka.

"Saya yang sakit tadi dilayani di situ setelah itu ke gedung sebelah ternyata di sana kosong tidak ada orang bisa di cek kesana. Sekarang nggak dilayani, walaupun saya rawat jalan tapi saya sakit tumor," ungkapnya dengan nada kesal.

Akhirnya oleh polisi, pasien dipaksa masuk ke dalam. Dan oleh dokter langsung didorong-dorong ke ruang poli untuk diperiksa.

Pantauan detikcom, pasien rawat jalan lainnya pun mengaku hanya bisa pasrah dengan aksi para dokter hari ini.

"Mulai jam 06.00 WIB mau nganter ibu foto rontgen. Di polinya ini belum dilayani katanya di sana ada demo, ya kita sadari dan pasrah-lah," ungkap Sutrani yang datang dari Sidoarjo.

Sumber :
http://m.detik.com/news/read/2013/11/27/113143/2424886/475/penderita-tumor-ngamuk-dokter-di-rsu-soetomo-bersorak-huuu?9922022
Share:

Biografi Ahok (Perjalanan Hidup Basuki Tjahaja Purnama)

Basuki Tjahaja Purnama yang lebih dikenal dengan nama Ahok dilahirkan di Desa Gantung, Belitung Timur pada tanggal 29 Juni 1966.

Ahok merupakan sulung dari 4 bersaudara dimana sang ayah bernama Indra Tjahaja Purnama ( Zhong Kim Nam ) dan sang Ibu bernama Buniarti Ningsing ( Bun Nen Caw ).

Ahok / Basuki Tjahaja Purnama 

Ahok merupakan warga negara Indonesia keturunan Tionghoa tapi memiliki jiwa nasionalisme melebihi waga negara pada umumnya, inilah yang membuat Ahok sangat didukung banyak kalangan karena semangatnya dalam mengubah bangsa ini menjadi lebih baik namun tak sedikit yang menolaknya karena kejujuranya dalam berpolitik sehingga tak heran banyak pihak yang merasa dirugikan dan berusaha menjatuhkan citra dirinya dengan melakukan diskrimasi etnis, suku, dan agama yang seharusnya tidak boleh dipakai dalam berpolitik dan kehidupan sosial apalagi sebagai bangsa yang majemuk yang menjunjung tinggi pancasila sebagai ideologi harusnya bangsa ini lebih dewasa dalam menghadapi perbedaan dalam kemajemukan bangsa.

Masa Kecil Ahok

Ahok mulai bersekolah di SDN 3 Gantung , Belitung Timur pada tahun 1972. seperti orang Tionghoa pada umunya saat masa kecilnya Ahok juga menerima diskriminasi dari teman - temanya karena dia seorang minoritas dan juga berbeda agama dengan teman-temanya.

salah satu diskriminasi yang Ahok terima adalah Dia dilarang menjadi penggerek bendera di sekolah karena warna kulitnya dan juga Ia dilarang masuk kelas agama islam disaat teman-temanya belajar membaca Alquran padahal Ia juga sangat ingin seperti teman-temanya untuk bisa membaca Alquran. Walaupun kerap mendapat diskriminasi Ahok tetap tumbuh menjadi anak belitung dan hal ini tak lepas dari peran sang ayah dalam mendidik basuki untuk menjadi pribadi yang baik dan murah hati. Tahun 1977 Ahok melanjutkan sekolahnya di SMP N. 1 Gantung Belitung Timur , Sang ayah ternyata menyadari pontesi Ahok sebagai anak yang cerdas karena selalu menjadi juara kelas sehingga setelah tamat dari SMP Negeri 1 Gantung, usaha ayahnya sempat surut sehingga sang ibu harus ikut menyonkong keuangan dengan menjadi tukang cuci baju dan penjual kue. Ahok akhirnya dikirim ke Ibukota Jakarta untuk melanjutkan pendidikanya disana. Ahok lalu masuk SMA PSKD III Jakarta pada tahun 1981 untuk mengejar cita-citanya. Sang Ayah sangat berharap Ahok dapat menjadi dokter karena banyak orang di belitung yang meninggal karena tidak mendapat pelayanan kesehatan yang memadai.

Masa Muda Sebelum Berpolitik

Setelah lulus dari SMA PSKD III Jakarta , Ahok melanjutkan pendidikanya ke Universitas Kristen Indonesia ( UKI ) mengambil jurusan kedokteran sesuai dengan harapan ayahnya namun sayang suara hatinya berkata lain sehingga Ahok memutuskan untuk hengkang dari UKI dan masuk Universitas Trisakti mengambil jurusan Teknik Geologi di Fakultas Teknik Mineral.

 Setelah mendapatkan gelar insinyur geologi Ahok pulang kampung ke Belitung dan mendirikan CV. Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan Timah. 2 Tahun kemudian Ahok kembali melanjutkan pendidikanya di sekolah tinggi ilmu manajemen Prasetya Mulya dan mendapatkan gelar S2. Ahok sempat bekerja di bawah naungan PT. Simaxindo sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan proyek. Setelah berhenti bekerja untuk PT. Simaxindo Ahok mendirikan pabrik pengolahan pasir di belitung namun sayang karena kebijakan pejabat yang korup dan sewenang - wenang akhirnya pabrik pengolahan pasir miliknya gulung tikar dan Ahok berniat ke Kanada bersama temanya namun niatnya tidak direstui sang ayah yang malah menyuruh Ahok tetap di Indonesia dan mengatakan pada Ahok bahwa suatu hari nanti rakyat akan mencarinya untuk memperjuangkan hak dan nasib mereka dari para penjabat yang korup. jika tidak setuju maka ubahlah sendiri jangan lari serta orang miskin jangan lawan orang kaya dan orang kaya jangan lawan pejabat. itulah yang diajarkan oleh Ayahnya.

Anda Membaca: Biografi Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)

Masuk Dunia Politik

Setelah Ayahnya meninggal , Basuki baru terjun ke dunia politik namun sang Ibunda awalnya tidak setuju dengan niat Ahok tetapi setelah mendengarkan niat dan pesan sang Ayah yang diberikan pada Ahok akhirnya sang Ibu setuju. Ahok merintis karier politiknya dari bawah dimana pertama kalinya Ia bergabung dengan partai kecil di bawah naungan Partai Perhimpunan Indonesia Baru ( PPIB ) yang diketuai Dr. Sjahrir, Satu tahun kemudian Ia mencalonkan diri menjadi anggota legislatif DPRD Belitung Timur periode 2004 -2009. dengan paham demokrasi yang Ia junjung Ahok tidak melakukan kampaye seperti caleg lainnya dengan mebagi-bagikan uang. toh, akhirnya dia terpilih juga sebagai anggota DPRD Belitung Timur periode 2004 - 2009.

 Selama menjadi anggota DPRD Ahok menunjukkan integritas dengan menolak melakukan korupsi dan KKN dan sering terjun ke lapangan untuk mendengar keluh - kesah masayrakat. Ahok juga melakukan transparasi keuangan melalui website pribadinya sehingga masyarakat dapat mengetahuinya. apa yang Ahok lakukan adalah menjunjung tinggi konstitusi sebagaimana sesuai dengan sumpah jabatan. setelah 7 bulan menjabat sebagai anggota DPRD banyak pihak yang mendorongnya untuk maju sebagai Bupati agar lebih banyak lagi perubahan yang dapat Dia lakukan di Belitung Timur.

Menjadi Bupati Belitung Timur

Tahun 2005 Ahok maju dalam Pilkada Bupati Belitung Timur, dengan mempertahankan gaya demokrasinya dimana Ahok tidak melakukan kampaye dengan bagi-bagi duit ataupun baju kaos melainkan nomor telpon miliknya karena menurutnya yang rakyat butuhkan adalah nomor telpon pejabat agar ketika ada ketidakadilan terjadi maka rakyat dapat mengadukanya kepada pejabat agar menjadi adil. dengan cara unik dan berbeda dari para kader lain yang memanfaatkan money politik untuk mencari dukungan ternyata Ahok berhasil memperoleh 37,13% suara masyarakt di Belitung Timur dan terpilih sebagai Bupati Belitung Timur 2005-2010. Hal ini menjadi sejarah di dunia politik Indonesia untuk pertama kalinya WNI keturunan Tionghoa dan Beragama Non- Muslim ( Kristen ) bisa terpilih menjadi Bupati di wilayah yang mayoritas penduduknya Muslim.

Saat menjadid Bupati , banyak pihak yang tidak menyukai integritas yang Ahok lakukan dan sempat ada Isu untuk tidak memberikan hormat pada Ahok saat Upacara Bendera karena dianggap kafir namun Ahok menanggapi dengan santai dan siap ditembak mati jika harus. Selama menjadi Bupati Ahok memberangkatkan lebih dari 100 ustad yang belum bergelar haji, mempermudah dan membantu pembangunan masjid, serta ikut safari ramadhan. Ahok juga membuat program asuransi bagi semua warganya sehingga semua warga mendapat pelayanan kesehatan gratis, mengratiskan biaya sekolah dari sd samapi sma, melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan sampai pelosok daerah, dan Anti korupsi dari pihak manapun. Banyak pihak yang akhirnya mendorong Ahok untuk maju sebagai gubernur pada tahun 2007 agar bisa mengubah seluruh provinsi Bangka Belitung dengan program-programnya di Belitung Timur sehingga akhirnya Ahok meninggalkan kursi empuk Bupati dan ikut pencalonan menjadi gubernur. Pencalonan Ahok mendapat dukungan penuh dari tokoh pluralisme nasional dan juga manta presiden RI Abddurahman Wahid. namun sayang dalam pilkda ini Ahok kalah dari lawanya Eko Maulana Ari. pilkada ini disinyalin ada permainan oknum kpu dimana daftar pemilih isi tangan dan juga adanya manipulasi suara masuk.


Pada Tahun 2009 , Ahok Ikut Pemilihan DPR RI dibawah naungan Partai Beringin ( Golkar ) walaupun hanya ditempatkan di urutan terbawah padahal kursi DPR RI di Bangka Belitung Hanya ada 3 Ahok sukses terpilih berkat putusan MK sesuai suara terbanyak. Ahok duduk di komisi II DPR RI ia dikenal sebagai figur dan lawan politik yang apa adanya. selama di DPR Ahok meciptakan standar baru bagi para anggota DPR lain untuk tidak KKN, Anti Korupsi, dan Melakukan Transparasi Keuangan. Ahok juga memperjuangkan perbaikan sistem pengkaderan kepala daerah untuk mencegah para koruptor menjadi penjabat publik dimana KPU dan BASWALU harusnya bisa menciptkan lapangan yang rata agar PNS-PNS dan aktivis yang idealis bisa bersaing yang sama rata dengan para pengusaha yang mengandalkan uang untuk terpilih. menuruntnya di dalam demokrasi koruptor dan aktivis idealis memiliki peluang yang sama untuk terpilih menjadi kepala daerah dan harusnya KPU dan BASWALU harus bisa mencegah hal ini terjadi.

Menjadi Wagub DKI Jakarta

Tahun 2012, Ahok mencalonkan diri menjadi wagub DKI dibawah pinangan Prabowo Subianto yang bernaung di bawah bendera Gerindra. Ahok dipasangkan dengan Joko Widodo eks wali kota solo yang terkenal mengayomi rakyat disana dan dikenal dengan blusukan dadakan serta kerendahan hatinya. Jokowi-Ahok terkenal dengan kemeja kotak-kotak yang mereka gunakan selama kampaye dan sempat menjadi tren fashion di tanah air. Jokowi-Ahok terpilih setelah melewati 2 putaran pemilihan dimana pada putaran pertama mendapatkan sura tertinggi dari 5 calon dengan mengantongi 42,60 % dan dilanjutkan dengan putaran kedua dan sukses mengalahkan duet foke-nara ( gubernur sebelumnya ) dengan memperoleh 53,82 % suara. selama menjadi wagub banyak hal yang terjadi baik masalah diskriminasi maupun pihak pihak yang tak suka dengan gaya kepemimpinan Ahok yang tegas dan Bicara ceplas ceplos yang membuat banyaj pihak merasa tersinggung walaupun sebenarnya Ahok tidak membeberkan nama pihak - pihak tersebut.


Bagi seorang pengamat politik Boni Hargens sosok Ahok patut diapresiasi sebagi seorang wagub yang tegas dan memiliki integritas dalam membenahi Jakarta yang sudah porak - poranda karena salah urus dari para pendahulu. jakarta penuh dengan bandit dan Ahok datang untuk menghajar Bandit - Bandit di Ibukota Jakarta. otomatis kalo banyak pihak yang tersinggung berarti itu para bandit ngak senang karena sumber keuangan dan pemasukanya diberantas habis oleh Ahok karena tidak sesuai dengan peraturan perundang - undangan dan Konstitusi.

Belajar Menjadi Ikan Salmon

Ahok merupakan salah satu Tokoh nasional yang wajib diapreasisasi karena kinerja dan komitmenya dalam membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik meskipun berasal dari kaum minoritas tapi Ahok tidak berkecil hati dan terus berjuang mencapai cita-citanya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih,jujur, dan transparan. Terpilihnya Ahok sebagai Bupati dan Wagub membuktikan bahwa demokrasi di Indonesia sudah mengalami perbaikan walaupun masih belum 100 % namun ini bisa dijadikan momentum bagi para aktivis idealis lain untuk berkiprah membangun negeri walaupun berasal dari kaum minoritas. sentimen yang mengatakan bahwa warga keturunan tidak peduli dengan sesama dan hanya mementingkan diri sendiri seperti harus dibuang jauh karena banyak warga keturunan yang justru memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan lebih baik dari masyarakat umum. Ahok juga membuktikan bahwa politik uang bukanlah cara yang benar untuk terpilih sebagai kepala daerah melainkan sikap mengayomi rakyat dan menjadi penyambung lidah rakyat di pemerintahan adalah cara yang paling efektif. Ikan Salmon terkesan berenang melawan arus air sehingga menjadi ikan yang mahal. walaupun banyak rintangan asalkan tetap berpegang teguh pada prinsip maka pasti kita bisa menjadi sosok seperti Ahok yang terkesan melawan arus dunia politik yang gelap daripada menjadi ikan mati yang mengikuti arus air , tidak berdaya dan hanya siap dikesot dan digoreng pada saat tertentu lebih baik menjadi ikan salmon guys....

Penghargaan 

<< Tahun 2006 Ahok dinobatkan sebagai salah satu Tokoh yang mengubah Indonesia oleh majalah Tempo
<< Tahun 2007 Ahok dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan.


Bonus: Video Ahok yang fenomenal.





Share:

[Salah Diagnosa] RS Borromeus Digugat Rp 10 Miliar

Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung bersama beberapa dokternya digugat Rp 10 miliar oleh orang tua pasien ke Pengadilan Negeri Bandung. Dalam gugatan tersebut disebutkan telah terjadi kelalaian dan salah diagnosis terhadap pasien Muhamad Gumilar yang mengakibatkan pasien tersebut meninggal dunia.
Gugatan tersebut telah dilayangkan melalui pengacara Hayun Shobri ke Pengadilan Negeri Bandung pada 7 November 2013 dengan nomor gugatan 514. "Saya sudah menerima kuasa dari orang tua pasien untuk melakukan gugatan perbuatan melawan hukum kepada RS Santo Borromeus bersama beberapa dokternya. Gugatan telah dilayangkan ke PN Bandung pada 7 November kemarin," ujar Hayun kepada wartawan Minggu (17/11/2013).

Dalam gugatan tersebut dijelaskan, Muhamad Gumelar melakukan pengobatan ke RS Borromeus, pada 30 Desember 2010, dokter rumah sakit melakukan biopsi untuk diambil sampel jaringan tubuh untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium patologi anatomi RS Borromeus.

Dari hasil pemeriksaan itu, menurut Hayun, disimpulkan Muhamad Gumilar mengidap penyakit lymphadenitis tuberculosa (peradangan granulomatosa pada kelenjar getah bening). Dari hasil pemeriksaan itu dokter rumah sakit memberikan obat yang berhubungan penyakit tersebut.

"Obat itu dikonsumsi tiap hari selama lima bulan, namun pengobatan tersebut tidak memberikan kesembuhan apapun terhadap penyakit yang diderita Muhamad Gumilar, bahkan ditubuh timbul benjolan," ujarnya.

Karena tidak ada reaksi atas pengobatan tersebut, akhir Juni 2011, Muhamad diperiksa kembali ke dokter yang berbeda. Atas saran dokter tersebut kemudian dilakukan biopsi ulang di Laboratorium Pramitha Bandung pada 24 Agustus 2011 dan hasilnya ternyata berbeda.

Atas dua hasil yang berbeda itulah, tentu membuat kaget keluarga dan akhirnya dilakukan pemeriksaan ulang di Lab RS Immanuel atas sempel yang telah diperiksa oleh RS Borromeus. Hasilnya ternyata bukan Tubercolusa tapi Hodgkin's Lymphoma Mixed Cellularity (penyakit jenis kanker). Kemudian karena penasaran sempel yang telah diperiksa oleh RS Borromeus tersebut diperiksa lagi di RS Hasan Sadikin dan hasilnya sama dengan yang diperiksa RS Immanuel.

"Karena hasil dua rumah sakit besar dan Lab Pramitha hasilnya sama sehingga kami menyimpulkan telah terjadi kesalahan atas hasil diagnosis dari RS Borromeus," katanya.

Menurut Hayun, kesalahan itu mengakibatkan salah memberikan obat sehingga obat-obatan yang dikonsumsi berakibat sangat fatal bagi Muhamad karena obat-obatan itu bukan menyembuhkan, melainkan menambah penderitaan bagi Muhamad.

"Karena salah diagonosis juga mengakibatkan penanganan penyakit yang sesungguhnya, yakni kanker menjadi terlambat sehingga kanker yang sebelumnya bisa disembuhkan menjadi ganas dan secara nyata berakibat fatal dan menyebabkan kondisi kesehatan Muhamad semakin hari semakin menurun hingga meninggal dunia," ujarnya.

Masalah tersebut, menurut Hayun, sudah dilaporkan ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) Jakarta. "Masalah ini sudah dilaporkan ke MKDKI pada 20 Maret 2013. Namun belum ada putusan, dan awal november ini kita gugat ke Pengadilan," ujarnya.

Hayun juga menjelaskan gugatan tersebut dilakukan karena telah mengalami kerugian Rp 214 juta untuk pengobatan. Kemudian atas meninggalnya anak tercinta Muhamad Gumilar sangatlah kehilangan karena telah menjadi korban dari penanganan yang salah. "Dari itulah kami menuntut gugatan immateril sebesar Rp 10 miliar," katanya.

Sebelum gugatan ini dilayangkan, Hayun mengaku sudah dilakukan upaya musyawarah namun tidak ada respon positif dari pihak RS Borromeus hingga akhirnya kami layangkan gugatan dan kini tinggal menunggu sidangnya.

Sumber www.pikiran-rakyat.com/node/258937
Share:

Label

Arsip Blog

Arsip Blog