Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Kue koci-koci isi enten kelapa kenyal | Semua Resep Ibu

kue koci-koci isi enten kelapa kenyal
kue koci-koci, begitu saya menyebutnya. Kue ini sering saya jumpai ketika ada hajatan atau ada acara tasyakuran meskipun tidak jarang juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional khususnya …

kue koci-koci isi enten kelapa kenyal
kue koci-koci, begitu saya menyebutnya. Kue ini sering saya jumpai ketika ada hajatan atau ada acara tasyakuran meskipun tidak jarang juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional khususnya ditempat penjual kue basah. Kue koci-koci ini adonan kulitnya berasal dari tepung ketan dengan isian enten kelapa dengan manis yang pas. Untuk enten kelapanya dapat menggunakan gula pasir ataupun gula jawa/gula merah tergantung selera masing-masing dan gunakan kelapa yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, dan gunakan parutan yang memanjang (untuk parutan kelapanya dapat request ke penjual kelapa, biar gak capek-capek marut)

Dalam pemubuatan adonan kulit koci-koci saya sarankan agar menggunakan santan kanil/santan yang kental dari perasan kelapa asli, agar rasa yang dihasilkan dapat terasa gurih kelapanya dan juga adonan nantinya tidak lengket pada daun pisang. Namun jika tidak menggunakan santan yang kental/kanil Anda dapat mengoleskan sedikit minyak goreng ke atas daun pisang yang akan digunakan sebagai pembungkus. Hal ini dilakukan agar kue koci tidak lengket nantinya dengan daun pisang.


Daun pisang disini berfungsi sebagai pembungkus dari kue koci-koci. Untuk adonan kulitnya dapat diberikan warna sesuai selera, namun yang sering kita jumpai di masyarakat warna hijau masih menjadi favorit, mungkin karena lebih terkesan alami. Langsung saja ya disimak resep dari kue koci-koci.

Kue koci-koci isi enten kelapa




Resep kue koci-koci isi enten kelapa
Bahan adonan

  • 200 gram tepung ketan putih 
  • 1/2 sendok teh garam, secukupnya 
  • 80 gram gula pasir 
  • 250 ml santan kanil 
  • Pewarna makanan secukupnya. 
  • Daun pisang untuk membungkus secukupnya

Bahan isian

  • 100 ml santan dapat diganti air 
  • 150 gram kelapa parut memanjang 
  • 1/2 sendok teh garam secukupnya 
  • 100 gram gula pasir, secukupnya 
  • 1 lembar daun pandan

­čî║Membuat isian enten kelapa
Campur semua bahan isian masak jadi satu dengan api kecil aduk-aduk sampai gula dan kelapa tercampur rata menjadi satu dan air menyusut, angkat dan dinginkan. 

 

Cara membuat kue koci-koci
  1. Rebus santan, gula pasir dan garam sampai mendidih dan gula larut, biarkan hangat. 
  2. Dalam wadah lain, siapkan tepung ketan. Ambil santan hangat kurang lebih 200 ml beri pewarna makanan secukupnya (aduk sampai warna tercampur rata) tuangkan ke dalam tepung ketan sedikit demi sedikit, sambil diuleni dengan sendok/entong kayu sampai kalis. Anda dapat menggunakan sisa santa jika diperlukan. 
  3. Setelah adonan kalis, simpan dalam tempat tertutup istirahatkan adonan kurang lebih 10-15 menit. 
  4. Ambil adonan secukupnya, pipihkan dan beri isian enten kelapa, tutup dan bulatkan kembali. Lakukan sampai adonan habis. 
  5. Bungkus dengan daun pisang adonan yang telah diisi dan dibulatkan, kemudian kukus sampai daunpisang berubah warna dan matang. 
  6. Kue koci-koci kenyal isian kelapa siap dinikmati.

Berikut ini akan saya sertakan gambar cara membungkus kue koci-koci, gambar ini saya dapatkan dari catatan Izza(Han) di cookpad

  1. Ambil selembar daun pisang secukupnya 
  2. Lipat bagian ujungnya, buat seperti pincuk segitiga, seperti mau membungkus nasi. 
  3. Letakkan adonan tepat di bagian sudutnya. 
  4. lipat kedalam. 
  5. Lipat bagian kanan, ke arah dalam. 
  6. Lipat bagian kiri, ke arah dalam. 
  7. Lipat, hinggan bagian lancipnya berada di atas. 
  8. Rapikan lipatan, potong sisa daun. 
  9. Lakukan hingga habis.

 




Sedikit tips dari saya, agar daun psang yag digunakan untuk membungkus kue koci-koci tidak mudah robek, Anda dapat menjemurnya terlebih dahulu sampai layu, namu hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada cara lain agar daun psang cepat layu, Anda dapat membakarnya di atas kompor, jangan terlalu lama dalam membakarnya. Caranya ambil selembar daun pisang, nyalakan api kompor (gunakan api kecil) taruh bagian pinggir/sisi kanan daun pisang di atas kompor tarik perlahan ke arah kanan, sebentar saja sampai warna daun berubah dan tekstur daun menjadi lemas, tarik sampai semua bagian daun telah dipanasi. atau dapat dilakukan dari arah yang sebaliknya.

Semoga resep kue koci-koci isian kelapa kenyal ini dapat bermanfaat, di coba ya resepnya. Happy baking and cooking.


Baca juga ya... resep kue dadar gulung isian kelapa, klasik.

Tidak ada komentar