Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Kandungan gizi yang terdapat pada bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Semua Resep Ibu

Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam Setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, …

Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam Setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium.

Diantara manfaat bayam bagi kesehatan tubuh kita adalah

1. Menjaga Kesehatan Mata
Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia.

2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penurunan fungsi kognitif.

3. Membantu Kerja Sistem Pencernaan
Seperti halnya semua sayuran hijau lainnya, bayam mengandung banyak serat yang dapat memperlancar buang air besar sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Terdapat 3 hal yang membuat bayam dapat membantu menurunkan berat badan yaitu rendah kalori, mengandung banyak serat, dan nutrisi sehingga dapat membantu menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi tanpa menyebabkan kekurangan nutrisi. Kandungan serat yang tinggi di dalam bayam membuatnya mampu menahan rasa lapar lebih lama dan mencegah terjadinya makan berlebihan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Bayam mengandung sangat sedikit lemak dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Selain itu, bayam juga mengandung kalium, magnesium, asam folat, dan berbagai antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung anda. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bayam dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan resiko terjadinya stroke.

6. Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari bayam bagi kesehatan anda adalah:
  • Membantu mencegah terjadinya radang sendi (agen anti inflamasi/anti radang) 
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis (vitamin K) 
  • Menurunkan resiko terjadinya penyakit Alzheimer (vitamin K) 
  • Membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia (asam folat) 
  • Mencegah terjadinya spina bifida pada bayi baru lahir (asam folat) 
  • Menjaga kesehatan kulit (vitamin A, vitamin C, dan berbagai antioksidan)

Bagi Anda yang mempunyai maslah dengan kadar asam urat dalam darah sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi sayuran bayam, karena kandungan purine yang terdapat di dalam nya cukup tinggi.


Sumber: foodtofitness

Tidak ada komentar