Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Kapan Waktu yang Tepat Menambahkan Garam Saat Memasak?

Untuk daging, sebaiknya tambahkan garam pada saat masih mentah bersama dengan bumbu rempah rempah lainnya.  Karena saat terjadi proses pematangan daging akan berkerut sehingga bumbu dan garam sulit meresap. Akibatnya, masakan aka…



Untuk daging, sebaiknya tambahkan garam pada saat masih mentah bersama dengan bumbu rempah rempah lainnya.  Karena saat terjadi proses pematangan daging akan berkerut sehingga bumbu dan garam sulit meresap. Akibatnya, masakan akan terasa kurang asin meski sudah mengandung garam. Penambahan garam pada saat daging mentah selain untuk menambah citarasa juga untuk mengurangi risiko pemakain garam yang berlebih pada masakan, karena pada saat proses pematangan, garam bercampur dengan molekul lain dari makanan sehingga rasa asinpun berkurang.

Lain halnya dengan sayur sayuran, sebaiknya tambahkan garam ketika masakan sudah hampir matang. Ini untuk menghindari sayuran cepat layu. Hasilnya, sayuran akan tetap renyah dan citarasanya pun lezat. Jika menambahkan garam di awal memasak, maka sayuran akan layu dan lembek.

Bagaimana dengan rumor yang terdengar bahwa memasak garam akan mengubahnya menjadi racun?
Mineral pada makanan pada dasarnya tidak berubah selama proses memasak. Jadi isu tersebut tidaklah benar, yang benar menambahkan garam di awal memasak akan membuat garam terikat dengan zat zat lain dalam makanan sehingga lidah kita akan merasakan bahwa makanan tersebut kurang asin. Di sinilah pentingnya menghindari pemakaian garam berlebih. Menambahkan garam pada saat yang tepat akan menekan resiko konsumsi garam yang terlalu banyak.


Tidak ada komentar