Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Apakah Dalam Islam Karaoke Atau Bernyanyi Itu Haram hukumnya

Saya pernah mendengar ada hadist yang seperti ini ; yang menerangkan bahwa musik dan bernyanyi itu tidak halal, dalam makna lain tentu Haram. 
 Nabi Muhammad beliau pernah bersabda,  ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر…


Saya pernah mendengar ada hadist yang seperti ini ; yang menerangkan bahwa musik dan bernyanyi itu tidak halal, dalam makna lain tentu Haram. 

 Nabi Muhammad beliau pernah bersabda,
 ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف ”

Sungguh akan ada sebagian dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras, dan alat-alat musik.”

Nabi Muhammad bersabda, 

 إني لم أنه عن البكاء ولكني نهيت عن صوتين أحمقين فاجرين : صوت عند نغمة لهو ولعب ومزامير الشيطان وصوت عند مصيبة لطم وجوه وشق جيوب ورنة شيطان 

 “Aku tidak melarang kalian menangis. Namun, yang aku larang adalah dua suara yang bodoh dan maksiat; suara di saat nyanyian hiburan/kesenangan, permainan dan lagu-lagu setan, serta suara ketika terjadi musibah, menampar wajah, merobek baju, dan jeritan setan.”

 Lantas apakah saya yang hobi bernyayi dan karaoke serta bermain alat musik ini dikatakan haram? pusing juga saya menanggapi akan hal ini, karena usaha saya juga dibidang sound system.

Dalam benak dan hati saya tentu sangat takut sekali, namun saya tetap yakin dan selalu mengimbangi dengan ibadah dan perbuatan baik agar jika memang itu haram dan tidak boleh dilakukan bisa sedikit mengurangi dosa saya, dan saya yakin yang saya nyanyikan itu bukan lirik-lirik yang menyekutukan tuhan, jadi tetap dalam keimanan.

Ya semoga hadis ini masih bisa termafaakan. oh ya untuk kalian yang juga hobi karaoke saya ada artikel tentang "Speaker aktif yang bagus buat karaoke" dari sana kamu dapat memilih dan melia remondasi salon aktif yang pas di kantong dan fungsinya, untuk chord gitar juga saya menyediakan webiste nya. silahkan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar