Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Gempa 6,5 SR Guncang Tasikmalaya, Terasa Hingga ke Jogja

Liputan6.com, Jakarta : Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang pesisir selatan Pulau Jawa. Goyangan gempa yang berpusat di sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat itu, juga dirasakan hingga ke Ibukota …

Liputan6.com, Jakarta : Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang pesisir selatan Pulau Jawa. Goyangan gempa yang berpusat di sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat itu, juga dirasakan hingga ke Ibukota Jakarta.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa terjadi pada pukul 23.47 WIB, Kamis (13/6/2013). Pusat gempa terletak pada 10.35 Lintang Sletan dan 107.04 Bujur Timur.

Pusat gempa terletak pada jarak pada 336 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman 57 kilometer. Namun, BMKG mencatat gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Goyangan gempa ini dirasakan hingga ke Jakarta. Di SCTV Tower, Jakarta Pusat, goyangan dirasakan beberapa saat. Sejumlah karyawan yang berada di gedung ini sempat terkejut, namun tidak menimbulkan kepanikan. (Eks)

oleh Yoga Guritno
Posted: 13/06/2013 23:50
http://news.liputan6.com/read/612439/gempa-65-sr-goncang-tasikmalaya-jakarta-bergoyang

inilah..com, Jakarta – Gempa berkekuatan 6,5 pada skala Richter menggetarkan wilayah Tasikmalaya dan beberapa daerah di Jawa Barat. Gempa tersebut terjadi pada Kamis (13/6/2013) pukul 23.57 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa tersebut berpusat di kedalaman 57 km di lokasi 10,35 Lintang Selatan dan 197,04 Bujur Timur atau 336 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gempa tersebut terasa hingga Bandung dan sekitarnya. “Saya sedang nonton TV di lantai atas. Tiba-tiba merasa kursi seperti goyang. Terus saya lihat gelas di meja juga bergoyang,” ujar Nonon Aryani, warga Cibuntu, Bandung.

“Gempa itu cuma sebentar. Hanya beberapa detik saja. Tapi saya cukup kaget dan sempat mau lari ke luar,” tegasnya.

Gempa juga terasa hingga Bogor. “Saya merasakan gempa, saya kira saya pusing tapi ternyata anak saya juga merasakan yang sama,” ujar Susi, warga Cibinong, Bogor dalam pesan singkat kepada inilah..com. tjs]
http://nasional.inilah..com/read/detail/1999587/gempa-di-tasikmalaya-terasa-hingga-bogor#.UboBx_nwaew
GEMPA TASIKMALAYA : Barat Daya Tasikmalaya Diguncang Gempa, Jogja & Klaten Ikut Terasa
Jumat, 14 Juni 2013 00:05 WIB | Jumali/JIBI/Harian Jogja | Dilihat: 613 Kali


Pusat Gempa/BMKG
JOGJA-Gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (13/6/2013) sekitar pukul 23 : 47 : 23 WIB.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 336 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat. Adapun kedalaman pusat gempa 57 kilometer.

Selain dirasakan di sekitar Jawa Barat, gempa juga dirasakan di wilayah DIY dan Klaten.
http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/14/gempa-tasikmalaya-tasikmalaya-diguncang-gempa-65-sr-jogja-klaten-ikut-terasa-415655

Gempa 6,5 SR Di Tasikmalaya Terasa Di Jakarta
JAKARTA (Pos Kota) – Getaran gempa dirasakan warga di Jakarta dan sekitarnya, Kamis (13/6) malam sekitar Pk. 23.47. Beberapa warga mengaku merasakan getaran cukup kuat dan yakin ada gempa.
“Saya lagi di kamar mandi merasa ada gempa dan leihat air di bak bergoyang,” kata Buha, warga Grogol, Jakbar, tadi malam.
Beberapa pekerja yang masih berada di kantor juga merasakan hal yang sama. “Iya, kayaknya ada gempa karena kain hordeng bergerak dan kursi saya juga agak goyang,” sebut Widi, karyawan yang kantornya di Jakarta Barat ada di lantai 4.
Getaran juga terasa sampai di wilayah Yogyakarta, Sukabumi, Bogor dan wilayah lainnya. Beberapa warga Yogyakarta melalui akun twitter menyebutkan, mereka merasakan getaran gempa namun tidak tahu pusatnya dari mana. Ada yang menduga pusat gempa dari Gunung Merapi.
Dari situs resmi BMKG (Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika disebutkan, pusat gempa terjadi di Kabupaten Tasikmalaya tepatnya sekitar 330 meter, dengan kekuatan 6,5 SR. Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau kerusakan akibat gempa. (ird)
http://www.poskotanews.com/2013/06/14/gempa-65-sr-di-tasikmalaya-terasa-di-jakarta/

Status BBM dan Twitter Warga Jogja Ramai Soal Gempa
JOGJA-Gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter yang mengguncang barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (13/6/2013) sekitar pukul 23 : 47 : 23 WIB, selain dirasakan di sekitar Jawa Barat, gempa juga dirasakan di wilayah DIY dan Klaten.

Berikut respon warga DIY terkait dengan gempa melalui status Blackberry Messanger dan twitter mereka:

@ Dalimliwes : “Gempa tho mey? Gede?“@meysulistyowati: Ya Allah di puncak gempanya kerasa bgt. Takut balik kmr Ya Allah, semoga gak apa2 Ya Allah.”
@Galuh Ramadani : “Jogja aja kerasa kenceng tan “@kekesya: Mana gempa sih? Kok gw gak berasa?”

“Ya ampun gempa to? Kok ra kroso,” kata Hanifa Angela Artha di status Blackberry Messanger.

Hal sama juga diungkapkan Dasa Saputra melalui status Blackberry Messanger: “Jogja gempa ya? Semoga baik-baik saja,” katanya.

http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/14/gempa-tasikmalaya-status-bbm-dan-twitter-warga-jogja-ramai-soal-gempa-415657

Tidak ada komentar