Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Lebih Tinggi Dari Liberty

Pembangunan Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) Culture Park di kawasan Bukit Pecatu, Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali yang baru rampung 15 persen. Pelaksanaannya akan dipacu dalam empat tahun mendatang, dengan perkiraan dana seb…

Pembangunan Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) Culture Park di kawasan Bukit Pecatu, Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali yang baru rampung 15 persen. Pelaksanaannya akan dipacu dalam empat tahun mendatang, dengan perkiraan dana sebesar Rp 750 miliar.

*Ilustrasi gambar:

Tinggi patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan melebihi patung Liberty di Amerika Serikat. Tinggi patung GWK mencapai 126 meter mulai dari Pedestal, Garuda hingga Wisnu, sementara tinggi Liberty 93 meter.
Perancang patung ini menargetkan pembangunan dan pemasangan selesai dalam waktu tiga tahun atau pada tahun 2016.

*ilustrasi gambar

Meski diselimuti tembaga murni yang merupakan pengantar listrik (isolator) terbaik, namun karena luas GWK mencapai 22.000 meter persegi, mampu mengurai energi listrik dari petir menjadi lebih kecil.

*gambar potongan patung


Kawasan GWK di atas lahan seluas 100 hektar itu akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung, antara lain ruang pameran, museum, usaha bisnis dan berbagai tempat pementasan.

Jika GWK dapat diwujudkan akan menjadi sebuah karya besar bangsa Indonesia, sekaligus "trade mark" Bali dan Indonesia di dunia internasional. "Kehadiran fasilitas tersebut akan mampu memperkuat sendi budaya, sistem insfrastruktur berkelanjutan dalam memasuki era global, sekaligus menjadi ikon yang strategis dalam mempercepat pengembangan pariwisata Bali maupun secara nasional," kata Nuarta berharap.

Ni dia profi Nuarta,

I Nyoman Nuarta (lahir di Tabanan, Bali, 14 November 1951)adalah pematung Indonesia dan salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru (1976). Dia paling dikenal lewat mahakaryanya seperti Patung Garuda Wisnu Kencana (Badung, Bali), Monumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya), serta Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta). Nyoman Nuarta mendapatkan gelar sarjana seni rupa-nya dari Institut Teknologi Bandung dan hingga kini menetap di Bandung.
I Nyoman Nuarta adalah putra keenam dari sembilan bersaudara dari pasangan Wirjamidjana dan Samudra. I Nyoman Nuarta tumbuh dalam didikan pamannya, Ketut Dharma Susila, seorang guru seni rupa.

sumber : wikipedia dan kompas..com serta blogger lainya.

Tidak ada komentar