Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Hamil Duluan, Puluhan Siswi Minta Dispensasi Nikah

(Magetan, Jawa Timur): Mencengangkan! puluhan siswi tingat SMP hingga SMA/SMK di Magetan, Jawa Timur, minta dispensasi nikah dini ke Pengadilan Agama setempat. Alasannya, karena telah hamil lebih dulu.
Menurut Ketua Pengadilan A…

(Magetan, Jawa Timur): Mencengangkan! puluhan siswi tingat SMP hingga SMA/SMK di Magetan, Jawa Timur, minta dispensasi nikah dini ke Pengadilan Agama setempat. Alasannya, karena telah hamil lebih dulu.
Menurut Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Magetan, Tamamul Abror, dalam kurun waktu bulan Januari-Juli 2013, tercatat sebanyak 38 perempuan dibawah umur minta surat dispensasi untuk nikah dini. Pasalnya, mereka telah hamil lebih dulu.

"Sebagian besar berstatus pelajar tingkat SMA. Bahkan ada juga yang masih berstatus pelajar SMP. Dari pengajuan dispensasi itu, tidak ada satu pun akibat pemerkosaan. Tapi mereka melakukan perbuatan terlarang itu hingga hamil, atas dasar suka sama suka", terang Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Magetan, Tamamul Abror, kepada wartawan, Minggu (1/9/2013).

Atas permintaan dispensasi nikah dibawah umur, tambah Abror, Pengadilan Agama tidak dapat menolak. Namun syaratnya, harus ada ijin dari orang tua. Setelah itu, baru ditetapkan dalam sidang. Surat penetapan kemudian diserahkan kepada KUA sebagai salah satu persyaratan nikah.

Terpisah, pemerhati masalah sosial, Dra Siti Sundari, mengatakan, tingginya dispensasi untuk nikah dini, dinilai cukup memprihatinkan. Hal ini disebabkan lemahnya pengawasan tua terhadap anak dan kurangnya tentang pendidikan sex yang positif atau tentang bahayanya sex pra nikah.

"Tidak hanya tentang bahayanya sex bebas, tapi anak juga harus diberikan pendidikan agama yang cukup ", kata Sundari.

3 komentar

  1. ini sih parah kejadiannya, harus nya di beri pembelajaran para murid dan terutama pada orang tuanya, kalo gini gimana anak muda jaman sekarang mau maju

    BalasHapus
  2. ga tau ni gan dimana2 ga cuma di perkotaan di pedasaan juga sama saja , banyak yg hamil duluan,,
    ga tau nih apanya yg salah , sampai moral anak2 bisa down kayak gini.

    BalasHapus