Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Sejarah & Video pertama yang diunggah di Youtube

YouTube merupakan situs video sharing yang banyak digunakan untuk berbagi video. Mungkin Anda sudah akrab dengan situs yang satu ini. Namun tahukan Anda oleh siapa dan kapan YouTube berdiri?
Situs YouTube didirikan oleh mantan p…

YouTube merupakan situs video sharing yang banyak digunakan untuk berbagi video. Mungkin Anda sudah akrab dengan situs yang satu ini. Namun tahukan Anda oleh siapa dan kapan YouTube berdiri?
Situs YouTube didirikan oleh mantan pekerja PayPal, Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pada Februari 2005. Dilansir dari Wikipedia, situs ini kemudian beralih menjadi milik Google pada akhir tahun 2006 hingga saat ini.

Sebagian besar konten di situs ini diunggah oleh individu. Namun beberapa perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu dan dan beberapa perusahaan lain yang menayangkan materi mereka melalui situs ini sebagai bentuk program kerja sama.

Hurley dan Chen pertama kali mendapatkan ide untuk mendirikan situs ini karena mereka mengalami kesulitan untuk membagi video. YouTube sendiri mulai menjadi startup teknologi setelah menerima investasi dari Sequola Capital sebesar USD 11.5 juta.

Video pertama yang diunggah di situs ini berjudul "Me at the zoo" yang menayangkan salah satu pendiri YouTube saat berada di Kebun binatang San Diego. Video ini diunggah pada 23 April 2005 dan masih dapat dilihat hingga saat ini.

Saat ini pengguna internet dapat dengan mudah berbagi video melalui situs YouTube dengan hanya membuat channel yang dapat diregistrasi secara gratis.

Ini video yang pertama di unggah Youtube.com


Ide pembuatan YouTube ini dimulai sekitar awal tahun 2005-an. Uniknya, ide tersebut muncul setelah sebuah insiden yang cukup memalukan bagi Janet Jackson di suatu pementasan (Super Bowl) pada tahun 2004 silam.

Insiden tersebut adalah ketika Janet bernyanyi dan menari di atas panggung serta diliput dan dilihat banyak orang, secara tidak sengaja payudaranya terekspos. Tidak sedikit orang yang mengabadikan hal tersebut.

Dari situlah kemudian, menurut Kharim, inspirasi penciptaan YouTube berasal. Mereka awalnya ingin berbagi video secara online kepada semua orang namun tidak ada layanan sharing video pada saat itu.

Maka, Chad dan Chen mencoba membuat format beta YouTube. Dengan mengambil tempat garasi milik Chad, YouTube resmi berdiri sebagai startup kecil yang akhirnya kepopulerannya dilirik oleh sebuah perusahaan bernama Sequoia Capital.

Perusahaan ini juga telah mengucurkan dana sebesar USD 11,5 juta untuk YouTube di awal berdirinya. Sungguh menjadi satu hal yang tak terduga ketika ide iseng berbagi video mesum ternyata menjadi ladang uang yang menguntungkan.

Di awal pembuatannya, Chad Hurley, Steve Chendan Jawed Karim memutuskan untuk menjadikan garasi milik Chad sebagai kantor pertamanya. Dikarenakan debutnya yang boleh dikatakan cemerlang sebagai sebuah startup muda, sebuah perusahaan bernama Sequoia Capital dengan berani mengucurkan investasi dana sebesar USD 3,5 juta.

Awal Gedung Kantor
Dari kantor di sebuah garasi, akhirnya YouTube secara resmi pindah ke ruangan atas di bangunan yang di bawahnya adalah sebuah restoran Pizza dan penjual makanan Jepang di San Mateo, California. Hal itu dilakukan setelah YouTube mendapatkan suntikan dana tambahan sebesar USD 8 juta dari Sequoia Capital dan Artis Capital Management.

Secara resmi, domain YouTube diaktifkan mulai tanggal 14 Februari 2005 dan dirilis ke publik (format beta) pada bulan Mei di tahun yang sama. YouTube akhirnya diluncurkan ke publik secara masal pada bulan November 2005 dan secara cepat situs ini digemari dan diakses banyak orang.

Sayangnya, permasalahan hak paten nama muncul. Sebuah situs bernama uTube yang dimiliki oleh Universal Tube & Rollform Equipment menuntut ganti rugi atas kemiripan ejaan nama tersebut.

Walaupun sebagai tergugat, YouTube memenangkan gugatan dan berhak memakai nama tersebut, sedangkan pihak uTube terpaksa mengganti nama situs mereka menjadi utubeonline.com di tahun 2006.

Sumber: Iup.edu, Wikipedia.org, Aol.com, Comcast.net, Briansolis.com

Tidak ada komentar