Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

XL Uji Coba Jaringan 4G LTE, Selamat Tinggal 3G

Herijaya.Com - Jaringan 4G Lte akan segera hadir di indonesia, siap-siap kita sambut internet cepat, namun masih kalah, di luaran negeri sana sudah banyak yang menerapkan jaringan 4.5G ataupun 5G, kita sangat ketingalan jauh. nam…



Herijaya.Com - Jaringan 4G Lte akan segera hadir di indonesia, siap-siap kita sambut internet cepat, namun masih kalah, di luaran negeri sana sudah banyak yang menerapkan jaringan 4.5G ataupun 5G, kita sangat ketingalan jauh. namun setidaknya kita beranjak sedikit lebih maju. semoga saja tidak ada lagi internet emot di indonesia. mungkin cuma harganya saja yang selangit. kedepanya semoga bisa gratis ... [Ga Mungkin] Katanya sih LTE atau 4G itu lebih rendah 30%-40% untuk biaya per Mbpsnya dibandingkan dengan 3G. otomatis pasti bakal lebih murah ATAU seharusnya lebih murah dari 3G

Setelah mendapat izin Kementerian Kominfo, XL Axiata bergegas menggelar trial 4G Long Term Evolution (LTE) secara live di jaringannya. Uji coba indoor ini bisa dibilang sebagai pemanasan sebelum dibuka lebih luas saat perhelatan APEC di Bali.

Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan mengklaim, trial live di jaringan ini merupakan yang pertama dilakukan operator di Indonesia.

"Ini sekaligus menjadi starting point untuk operator Indonesia bahwa mobile broadband telah berkembang semakin tinggi," ujarnya, di Euphoria, Menara Prima, Jakarta, Senin (9/9/2013) malam.

XL mengaku telah mendapat restu untuk melakukan trial 4G LTE di frekuensi 2100 MHz dan 1800 MHz. Masing-masing lebar frekuensi yang digunakan untuk LTE ini adalah 5 MHz dan dalam rangka mendukung hajatan besar APEC 2013 di Bali.

"Kita ingin membuktikan bahwa dari sisi teknologi sudah siap, jadi tinggal menunggu regulasinya dari pemerintah," lanjut Ongki.

Dalam trial yang menggandeng Huawei tersebut, Ongki coba melakukan video call dengan anak buahnya yang tengah berada di Bali. Ada dua set perangkat yang disiapkan, masing-masing terdiri dari laptop, modem, serta TV berlayar besar.

Dua set perangkat tersebut untuk membandingkan kualitas transfer data yang menggunakan LTE dan satunya lagi masih mengandalkan jaringan 3G.

Terlihat bahwa kualitas transfer data yang ditransmisikan via LTE jauh mengungguli dari kualitas jaringan yang masih pakai 3G.

Jika memakai jaringan 3G, tampilan gambar dan suara di laptop dan TV terlihat masih patah-patah. Sementara jika menggunakan LTE, gambar dan suara yang dihasilkan begitu jelas dan jernih. Padahal di Bali, pihak XL cuma mengandalkan iPad dan dilakukan di kondisi malam hari.
"Jadi kelihatan perbedaannya kan? Dengan ini (LTE-red.), media pun bisa melakukan live reportase dengan lebih cepat dan dengan kualitas gambar yang jernih," imbuh Ongki.

Penasaran, kami pun coba mengukur kecepatan LTE dari XL ini dengan Speedtest. Dimana untuk download bisa menembus angka 27 Mbps dan upload di atas 5 Mbps. Namun ini bukan angka mati, tergantung juga dari seberapa banyak user yang menggunakan jaringan tersebut secara bersamaan.

"Di Bali bahkan sudah menembus 30 Mbps untuk download," tukas salah satu teknisi XL yang menemani sesi trial ini.

XL sendiri rencananya bakal kembali melakukan uji coba LTE selama perhelatan APEC 2013 di Bali pada awal Oktober mendatang.

Sumber : Inet Detik

3 komentar

  1. Mantap... semoga semua kebagian.
    kalo ngga di skip aja langsung ke 5G. daripada bongan bangun mulu.

    BalasHapus
  2. iya bener bro, tapi ga papa sih di ratain semua 4G ,, asal bener-bener merata.

    BalasHapus
  3. Percuma 4G kl speed yg dikasih 512Kbps, mau 5G ttp aja sampah.

    BalasHapus