Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Xbox One vs PlayStation 4, Mana Lebih Unggul?

Bulan November 2013 ini menjadi bulan 'keramat' bagi para gamer di berbagai penjuru dunia. Bagaimana tidak, di bulan ini telah lahir dua konsol game next-gen, PlayStation 4 dan Xbox One, yang menandakan era baru di dunia …

Bulan November 2013 ini menjadi bulan 'keramat' bagi para gamer di berbagai penjuru dunia. Bagaimana tidak, di bulan ini telah lahir dua konsol game next-gen, PlayStation 4 dan Xbox One, yang menandakan era baru di dunia industri konsol game setelah stagnan selama sewindu.

Sony mencuri start dengan lebih dulu meluncurkan PS4 di tanggal 15 November. Seminggu kemudian, tepatnya pada tanggal 22 November, giliran Microsoft yang merilis Xbox One ke pasaran.

Kedua belah pihak pun mengklaim bahwa konsol game generasi terbaru besutan mereka sangat diminati dan sukses di pasaran. Tentunya hal itu bukan sekadar omong kosong belaka. PS4 dan Xbox One dilaporkan sukses terjual sebanyak lebih dari 1 juta unit di hari pertama perilisannya.

Meski begitu, banyak di antara kita yang pastinya masih penasaran konsol game mana yang sebenarnya lebih unggul. Apkah PS4 atau Xbox One?

Sebelum Anda melakukan penilaian lebih lanjut. Ada baiknya Anda simak 4 fakta Xbox One vs PlayStation 4 berikut ini:


1. Desain

Sebelum diluncurkan, banyak bermunculan rumor terkait model yang bakal diusung oleh PS4 dan Xbox One. Banyak di antaranya yang beredar di dunia maya dengan tampilan futuristis yang menonjolkan kesan super canggih.

Namun ketika dirilis, ternyata keduanya tampil dengan desain yang justru tak terlalu berbeda jauh dengan pendahulunya, PS3 dan Xbox 360. Meski begitu, bukan berarti desain yang diusung PS4 dan Xbox One tidak bagus. Malahan keduanya tampil kalem dan memiliki kesan elegan yang disukai oleh mayoritas gamer.

Namun jika dilihat lebih mendetail, PS4 memiliki konsep desain yang lebih menarik dibandingkan Xbox One. Meski tak membuat banyak perombakan dari generasi sebelumnya, namun Sony sukses memberikan kesan modern pada PS4.

Sementara Microsoft menghadirkan Xbox One dengan konsep desain yang lebih kaku. Akan tetapi, desain Xbox One dinilai cocok untuk gamer pria karena terkesan gahar.


2. Spesifikasi

Spesifikasi PS4 dan Xbox One Secara garis besar tak jauh berbeda. Keduanya dinilai memiliki spesifikasi mumpuni dengan performa yang cenderung berimbang.

Baik Xbox One maupun PS4 dibekali prosesor AMD Jaguar bertenaga 8 inti. Di sektor pengolahan grafis, keduanya juga sama-sama dipersenjatai dengan kartu grafis Radeon. Keduanya juga didukung oleh media penyimpanan sebesar 500 GB.

Perbedaan mencolok hanya terjadi di sektor jenis memori yang digunakan. Xbox One mengandalkan memori DDR3 berkapasitas 8 GB, ditambah memori sebesar 32 MB yang khusus didedikasikan untuk pengolah grafis. Sementara PS4 memiliki kapasitas yang sama namun menggunakan jenis memori GDDR5.


3. Akseoris pendukung

PS4 unggul di sektor kontroler. Sony membekalinya dengan kontroler Dual Shock yang dilengkapi sebuah touchpad dibagian tengah dan tombol share yang dapat digunakan gamer untuk men-share kemajuan gameplay yang sedang dimainkannya.

Sementara Xbox One memiliki kelebihan dengan disertakannya fitur navigasi gerak Kinect. Kinect Xbox One diklaim memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih dibandingkan perangkat Kinect yang digunakan pada Xbox 360. Perangkat anyar ini dilaporkan dapat mengenali seluruh bagian tubuh gamer secara spesifik hingga bagian jari.

Tidak cuma itu, Kinect Xbox One juga mampu mengenali mimik wajah gamer dan dapat menampilkannya dalam bentuk emoticon.


4. Harga

Untuk urusan harga, Sony mungkin dapat berbangga karena mereka dapat memasang banderol yang lebih murah. PS4 dipasarkan Sony dengan banderol USD 399, atau lebih murah USD 100 dibandingkan Xbox One.

Namun, sebuah laporan perusahaan riset IHS iSuppli mengungkapkan bahwa Sony membutuhkan biaya mencapai USD 381 untuk memproduksi satu unit konsol PS4.

Ini artinya, produsen konsol game asal Jepang tersebut hanya memikliki untung tidak lebih dari USD 18 atau sekitar Rp 200 ribuan dari tiap penjualan satu unit konsol PS4. Tentu saja angka ini bukanlah jumlah keuntungan yang besar di dunia industri retail.

Sementara Xbox One dinilai dibanderol dengan harga yang cukup pantas. Pihak Microsoft mengklaim bahwa harga USD 499 sudah sesuai dengan spesifikasi software dan hardware yang ada pada Xbox One.

Tidak ada komentar