Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

[Ada Apa Ya??] SBY Bicara Tentang Gaya Blusukan Jokowi

Sekitar April 2013, SBY pernah dimintai tanggapan oleh koleganya soal gaya blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Koleganya tersebut menilai gaya blusukan Jokowi merupakan sebuah pencitraan.

"Begini, jangan ter…


Sekitar April 2013, SBY pernah dimintai tanggapan oleh koleganya soal gaya blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Koleganya tersebut menilai gaya blusukan Jokowi merupakan sebuah pencitraan.

"Begini, jangan terlalu cepat menuduh seseorang hanya melakukan pencitraan. Saya kalau mendapatkan tuduhan seperti itu juga tidak akan nyaman loh," kata SBY seperti dikutip detikcom, Jumat (17/1/2014) pada halaman 626, dalam salah satu bab berjudul ''Blusukan' Penting, Asalkan..'.

"Bagi seorang pejabat baru, mengetahui masalah yang riil di lapangan itu penting. Apalagi Pak Jokowi bukan penduduk asli Jakarta, juga belum pernah bertugas di Jakarta sebelumnya. Dengan memahami persoalan yang dihadapi masyarakatnya, pastilah kebijakan dan program-program yang dijalankan akan tepat. Solusinya juga tepat," jawab SBY dalam buku setebal 6 cm yang memiliki 807 halaman ini.

"Tapi kan, tidak harus berlebihan Pak," kata koleganya.

"Nanti kalau sudah cukup tentu tidak akan begitu terus. Saya yakin Pak Jokowi tahu itu," bela SBY.

SBY memiliki pandangan sendiri soal gaya kepemimpinan. Dalam bukunya SBY juga memberi gambaran pekerjaan seorang presiden yang bukan hanya sebagai strategic leader, tapi juga top executive leader di negeri ini.

Blusukan bagi seorang presiden, menurut SBY, adalah untuk mengetahui kondisi riil di lapangan serta persoalan yang dihadapi oleh rakyatnya. Dari hasil blusukan itulah seorang presiden bisa menetapkan kebijakan dan program yang diperlukan juga solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi pemerintah.

SBY mengatakan blusukan yang lain adalah kegiatan presiden di berbagai wilayah di seluruh tanah air, yang bertujuan untuk memastikan bahwa tugas-tugas pemerintah dan pembangunan dirasakan dengan baik. Tugas-tugas yang mesti dijalankan oleh jajaran kementerian dan lembaga pemerintah tingkat pusat juga daerah. Jika dalam peninjauan di lapangan ditemukan sejumlah masalah atau kekurangan, maka dari hasil blusukan itulah dilakukan koreksi dan perbaikan.

"Itulah arti blusukan. Blusukan harus punya tujuan dan sasaran. Blusukan is not for he sake of blusukan. Apalagi hanya untuk pencitraan semata," ungkap SBY.

 http://news.detik..com/read/2014/01/17/221957/2470830/10/sby-bicara-soal-gaya-blusukan-jokowi?9911012

Tidak ada komentar