Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

[Buruh Lagi] Demo di HI, Jalan Gatsu dan Sudirman Macet Parah

Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Komite Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi demo di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, siang ini. Akibat aksi demo ini, arus…


Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Komite Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi demo di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, siang ini. Akibat aksi demo ini, arus lalu lintas di Jalan Gatot dan Jalan Sudirman terpantau macet parah.

Pantauan detikcom, Rabu (13/2/2014) pukul 11.15 WIB, ruas Jalan Gatot Subroto dari arah Cawang ke Slipi dan sebaliknya terpantau padat merayap. Kemacetan ini mengular hingga ke Pancoran dan ke selatan ke Jl Raya Pasar Minggu.

Kemacetan di Jalan Raya Pasar Minggu akibat tersendatnya simpang lima Pancoran, berimbas ke kemacetan di pertigaan Kalibata, di Jl Raya Pasar Minggu. Arus lalu lintas sempat terkunci di pertigaan Kalibata ini.

Kemacetan serupa juga terpantau di lingkar Semanggi. Kendaraan dari bahwa dan atas lingkar Semanggi mengalami kemacetan karena ruas Jalan Jenderal Sudirman juga tersendat. Kemacetan di ruas Jalan Sudirman ini terjadi di kedua ruas jalan, yang mengarah ke Blok M dan ke HI.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan, pihaknya menurukan 8.417 personil untuk mengamankan aksi buruh ini. Personil disebar ke titik-titik pusat konsentrasi massa seperti di Istana Negara, Istana Wapres, Mahkamah Konstitusi, Bundaran HI dan Mal Kelapa Gading.

"Kita juga menyiapkan personil di tol dalam kota Semanggi sebanyak 60 personil, Bandara Soekarno-Hatta 110 personil dan Polres-Polres di jajaran Polda Metro Jaya," kata Rikwanto kepada detikcom, Rabu (13/2/2014).

Massa yang tergabung dalam aksi ini, berkisar 7 ribu hingga 10 ribu orang

Presiden FSPMI/KSPI, Said Iqbal dalam siaran persnya mengatakan, puluhan ribu buruh se-Jabotabek melakukan aksi demo dengan long march dari Bundaran HI ke MK dan Kemenkes.

"Jam 14.00 kita akan melakukan deklarasi rumah rakyat di Sport Mall Kelapa Gading," ucap Said, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Adapun, tuntutan massa demo yakni mencabut Pemenkes No 69/2013 harus dicabut, tidak ada lagi rakyat yang ditolak berobat ke RS atau Klinik oleh karenanya Permenkes no 69/2013. Buruh juga menuntut agar sistem INA CBGs dihapus dan diganti fee for service.

Selain itu, massa juga menuntut kenaikan upah minimum 2015 sebesar 30% dengan Komponen Hidup Layak (KHL) 84 item. Aksi ini juga serempak dilakukan puluhan ribu buruh lainnya di 12 provinsi seperti Jabar, Jateng, Jatim, Kepri dan Sumatera Utara.

sumber detik.

Buruh Demo Lagi, Tuntut Upah 2015 Naik 30 Persen
(Berita dari kompas)
Sebanyak 30.000 buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) se-Jabodetabeka akan berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia pada Rabu (12/2/2014) pukul 10.00.

Mereka akan melakukan long march menuju Istana Presiden, dan melanjutkan aksi di kantor Kementerian Kesehatan pada siang harinya, pukul 14.00.

Presiden FSPMI, Said Iqbal, menyampaikan melalui pesan pendeknya, dalam aksi ini FSPMI menuntut kenaikan upah minimum 2015 sebesar 30 persen dan komponen hidup layak menjadi 84 item.

Aksi tersebut juga menuntut agar pemerintah mencabut Permenkes No 69 tahun 2013, dan menghapus sistem INA CBGs untuk kemudian diganti dengan sistem Fee for Service. "Tidak boleh lagi ada rakyat ditolak berobat ke rumah sakit/klinik," kata sekjen KAJS itu.

Aksi ini merupakan rangkaian HUT FSPMI yang ke 15 dan "Perjuangan Jaminan Kesehatan dan Upah Layak". Masih dalam satu rangkaian kegiatan, di tempat lain, 10.000 buruh melakukan deklarasi Rumah Rakyat Indonesia.

Serikat Pekerja, Akademisi, serta elemen dari sejumlah LSM, bakal melakukan deklarasi tersebut di Sport Mall Kelapa Gading ,Jakarta Utara, hari ini, pada pukul 14.00 sampai 17.00.

Tidak ada komentar