Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Jelang Pemblokiran Ponsel BM, Cek HP Anda Jika ilegal di Blokir

Saya membaca di trending kaskus dan juga beberapa media yang mengabarkan akhir 2018 ponsel BM akan diblokir kominfo, namun info tepatnya kapan belum jelas, dan mohon tunggu info selanjutnya, apakah benar hp black market atau ile…


Saya membaca di trending kaskus dan juga beberapa media yang mengabarkan akhir 2018 ponsel BM akan diblokir kominfo, namun info tepatnya kapan belum jelas, dan mohon tunggu info selanjutnya, apakah benar hp black market atau ilegal akan diblokir akhir tahun ini.

Jika benar akan blokir mungkin memang masih banyak di indonesia ini yang memakai ponsel BM tanpa sadar, karena memang banyak sekali penjual yang  menjual ponsel ilegal, bukan salah penjual kadang penjual kecil sendiri tidak tahu bahwa yang ia jual adalah ponsel ilegal, yang mereka tau hanya dapat beli dari distributor dan dijual lagi.

Nah kali ini saya akan membagikan berita nya dulu yang sy kutip dari kumparan. yang meberitakan dengan judul ;

Akhir 2018, Kominfo Tangkal Smartphone BM dengan Aktivasi IMEI, berikut ini kutipannya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai tegas dengan maraknya peredaran ponsel ilegal atau yang dikenal dengan istilah 'black market' di Indonesia. Bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, Kominfo akan mulai penerapan aktivasi nomor International Mobile Equipment Identification (IMEI) sebagai salah satu syarat untuk menggunakan layanan seluler.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan program kerja samanya dengan Kementerian Perindustrian untuk menghalau peredaran smartphone 'black market' diharapkan akan berjalan pada akhir tahun 2018 .
Nomor IMEI yang terdiri dari 15 digit angka akan otomatis terdaftar di data base Kementerian Perindustrian.
"Tergantung persiapan Kementerian Perindustrian, mudah-mudahan akhir tahun ini. Jadi produsen ponsel yang akan memberikan data IMEI ponsel baru ke Perindustian. Data base akan di sana. Kominfo hanya mengaksesnya sama seperti soal registrasi, database ada di Dukcapil," katanya saat ditemui di Kantor XL Axiata, Jakarta, Kamis (16/8).

Rudiantara juga menjelaskan proses yang akan diterapkan untuk aktivasi ponsel baru dengan nomor IMEI akan berlangsung cepat. Tidak hanya melibatkan Kominfo dan Kementerian Perindustrian saja, tetapi juga para operator seluler.
"Ini meningkatkan servis, istilahnya ponsel KW gak bisa masuk lagi nanti. Di-matching operator, klo enggak ada, ya enggak aktif. Semua harus dipermudah, database di perindustrian tapi tergabung ke operator untuk cek dia matching atau enggak dengan data Perindustrian. Kalau enggak ada, enggak bisa diaktifkan. Itu otomatis oleh operator," jelasnya.

Pemberlakuan IMEI ini bukan cuma ditujukan kepada ponsel baru, tetapi juga ponsel lama yang telah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Semua akan diberlakukan sistem pendaftaran IMEI.
Namun, pria yang akrab disapa Chief RA ini menerangkan fokus program aktivasi IMEI baru kepada ponsel baru untuk mencegah peredaran ponsel ilegal.
"Yang penting itu ponsel BM sudah enggak bisa masuk intinya," terangnya.
Sertifikasi Kominfo adalah salah satu syarat untuk ponsel yang beredar resmi di Indonesia. Kominfo sebenarnya sudah menyediakan salah satu cara untuk mengecek legal atau tidaknya sebuah ponsel yang digunakan di Indonesia. Dengan cara ini masyarakat bisa mengetahui ponsel yang digunakan apakah ponsel 'black market' atau resmi.
oke beritanya sudah jelas ya,  jadi kita langsung ke cara cek hp anda ilegal atau tidak.

Begini Cara Cek Ponsel BM atau Resmi

Cara Cek Hp Resmi atau Ilegal


  • Cara cek IMEI kam terdaftar atau tidak, kamu bisa masuk ke klik :  http://kemenperin.go.id/imei/ .
  • Lalu masukan nomr IMEI.
  • Jika kamu tidak tau nomor IMEI Hp kamu, bisa cek dengan mengakses *#06# , lalu call.


Ya sementara baru ini cara yang saya dapatkan, jika ada cara baru lagi akan segera saya update.
terimakasih. tulisan ini dikutip dari berbagai sumber seperti yang sudah saya sebutkan diatas.



SARAN SAYA
Mari kita dukung kebijakan pemerintah ini, semua yang dilakukan oleh bapak kominfo kita itu menurut saya memang yang terbaik untuk masa depan negeri kita kedepannya, jangan kita halang-halangi, jangan kita persulit,. beliau sudah berpikir keras bekerja keras untuk mendapatkan solusi dari suatu permasalahan,. mari kita bersyukur dan mendukung beliau.

Tidak ada komentar