Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

[HOAX] Surat Undangan Rekrutmen di PT Garuda Indonesia

Belum lama ini beredar surat undangan mengenai tahapan seleksi rekrutmen karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) di beberapa media sosial. Surat itu terpantau kali pertama pada Senin (3/12/2018).

Undangan ini ditujukan kepada pese…

Belum lama ini beredar surat undangan mengenai tahapan seleksi rekrutmen karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) di beberapa media sosial. Surat itu terpantau kali pertama pada Senin (3/12/2018).

Undangan ini ditujukan kepada peserta seleksi rekrutmen karyawan PT Garuda Indonesia (Persero).
hoax garuda

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, undangan ini mengabarkan bahwa penerima undangan telah memenuhi persyaratan administrasi dan kualifikasi berdasarkan hasil evaluasi awal Recruitmen Team Department of Human Capital Management di Garuda Indonesia.

Selanjutnya, pihak penerima surat atau pelamar diminta mengikuti tahapan berikutnya yang akan diadakan pada Sabtu (1/12/2018) pukul 08.00 WITA di Gedung Sekar Menuh, Jalan Raya Puputan Nomor 41, Denpasar, Bali.

Dalam undangan tersebut juga dituliskan, jika pelamar berhalangan hadir tidak boleh diwakilkan oleh siapa pun. Apabila tidak mengikuti tahapan tersebut sesuai jadwal yang ditentukan, maka pelamar dinyatakan mengundurkan diri.

Selain itu, undangan tersebut juga memuat prosedur konfirmasi kehadiran dengan mewajibkan mengirim sms dengan subject #GARUDA INDONESIA#NAMA#HADIR/TIDAK HADIR# dan dikirimkan ke 0823 3571 0696.

Undangan itu juga memuat daftar 40 pelamar yang lolos dan berhak mengikuti seleksi interview.

Pelamar juga diwajibkan melakukan reservasi pemesanan tiket (ticketing) hotel di biro travel yang sudah ditunjukkan oleh PT Garuda Indonesia (Persero).

Kemudian, pelamar diharapkan menghubungi pihak Buana Tours & Travel untuk melakukan penjemputan dari bandara atau alamat rumah menuju lokasi pelaksanaan kegiatan.

Selain itu, disebutkan juga adanya tiga tahapan penerimaan calon karyawan PT Garuda Indonesia (Persero), yakni tahapan seleksi, penanda tanggapan perjanjian kerja, on the job training lokasi penempatan masing-masing.

Dalam undangan juga tertulis adanya lampiran persyaratan administrasi untuk mengikuti tahapan seleksi, antara lain kartu ters, daftar riwayat hidup, dan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.

Penelusuran Kompas.com:
Humas PT Garuda Indonesia (Persero) Ikhsan Rosan menegaskan bahwa undangan perekrutan calon karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) merupakan undangan palsu atau hoaks.

"Kami tidak pernah mengeluarkan surat undangan seperti itu," ujar Ikhsan saat dihubungi Kompas.com pada Senin (3/12/2018).

Ikhsan mengungkapkan, pihak PT Garuda Indonesia (Persero) mendapatkan sebaran undangan tersebut melalui aplikasi pesan WhatsApp.

"Kami menerima undangan tersebut melalui WA Group, hari Jumat siang. Terus kami langsung lapor ke polisi untuk menghindarkan orang-orang yang ada di daerah Denpasar," ujar Ikhsan.

Sementara, untuk membedakan ciri-ciri proses rekrutmen yang asli dengan yang palsu bisa dicek di situs resmi http://career.garuda-indonesia.com, dan proses pendaftaran dilaksanakan secara langsung tanpa perantara.

"Dalam proses perekrutan, pelamar diminta meng-upload atau mengunggah file-nya lewat situs http://career.garuda-indonesia.com, informasinya juga dari recruitment@garuda-indonesia.com," ujar Ikhsan.

Selanjutnya, jika pelamar telah memenuhi syarat dan ketentuan yang terlampir dalam form perekrutan akan diundang secara langsung oleh tim rekrutmen dan seleksi Garuda Indonesia melalui email dari akun email resmi tersebut.

Adapun seluruh proses rekrutmen dilaksanakan secara transparan dan terbuka menggunakan sistem e-recruitment.

Tak hanya itu, proses rekrutmen resmi dari Garuda Indonesia juga tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi yang dikeluarkan oleh pihak pelamar selama mengikuti tes seleksi.

Berkaitan dengan proses rekrutmen dan penerimaan pegawai Garuda Indonesia yang tidak sesuai dengan informasi yang disampaikan, pelamar dapat melaporkannya ke nomor telepon (021) 2560-1042, (021) 2560-1038, dan email recruitment@garuda-indonesia.com.

Penulis: Retia Kartika DewiEditor: Bayu Galih

Artikel Asli : LINK

Tidak ada komentar