Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

News:

latest

Kalahkan Myanmar, Timnas Sepakbola Indonesia Bisa Lolos ke Semifinal

Menyedihkan. Timnas Indonesia U-23 harus bertekuk lutut dengan skor telak 1-4 melawan Timnas U-23 Thailand pada laga kedua penyisihan Grup B SEA Games 2013 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (12/12).

Mantan pemain tim n…

Menyedihkan. Timnas Indonesia U-23 harus bertekuk lutut dengan skor telak 1-4 melawan Timnas U-23 Thailand pada laga kedua penyisihan Grup B SEA Games 2013 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (12/12).

Mantan pemain tim nasional Indonesia, Ferril Raymond Hattu, pun mengkritisi penampilan para pemain Indonesia menghadapi Thailand. Ia menyebut kualitas Pasukan Garuda Muda kalah dari adiknya, timnas U-19.

"Para pemain tidak mempunyai modal utama, yaitu stamina. Saya ragu terhadap penampilan tim Indonesia. Sepertinya, Timnas U-19 lebih tahu cara bermain bola," ujar Ferril, merujuk kesuksesan Timnas U-19 menjuarai Piala AFF dan lolos ke Piala Asia U-19.

"Saya sedih melihat kekalahan Timnas Indonesia. Ini laga SEA Games yang ditunggu-tunggu untuk membanggakan bangsa Indonesia, tapi mereka bermain seperti itu. Mereka bermain tidak ada greget, kurang stamina, tidak ada kreativitas," kritik Ferril yang dihubungi tadi malam.

######## Ditahan Timor Leste, RD Salahkan Pemain

Indonesia U-23 hanya bermain 0-0 dengan Timor Leste di pertandingan ketiga grup di SEA Games 2013. Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Rahmad Darmawan menyalahkan timnya yang seharusnya bisa mencetak gol mengingat Kurnia Meiga dkk memiliki banyak peluang.

"Kami punya banyak peluang. Sayang, kami tidak bisa mencetak gol," kata RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan.

Indonesia memang mampu menguasai permainan dan beberapa kali mengancam gawang Timor Leste. Namun, dari beberapa peluang yang tercipta, tak satu pun mampu dikonversi Garuda Muda sehingga mereka dipaksa bermain 0-0 hingga laga usai.

Menurut RD, ada beberapa faktor yang membuat pasukannya tidak bisa mencetak gol pada pertandingan tadi.

"Mereka tidak mampu mengambil keputusan dengan baik. Kami tidak tahu kapan harus mengumpan dan kapan harus menahan bola. Kami bermain sangat lambat. Kami sebetulnya punya peluang untuk bermain kombinasi, banyak variasi menyerang dari kiri dan kanan. Namun, sekali lagi, kami tak bisa cetak gol," ujar RD.

"Satu-satunya masalah adalah pemain harus tenang. Contohnya, kalau mereka bermain rapat, mereka harus memanfaatkan lewat sayap.  Tetapi seringkali saat serangan balik pemain justru menyerang lewat tengah," katanya.

######Kalahkan Myanmar, Timnas Sepakbola Indonesia Bisa Lolos ke Semifinal

 Indonesia masih mempunyai peluang untuk dapat lolos ke babak semifinal di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2013. Syaratnya, skuat asuhan pelatih Rahmad Darmawan, harus meraih kemenangan dari Myanmar di laga pamungkas babak penyisihan Grup B di Thuwunna YTC Stadium, Senin (16/12/2013).

Apabila Indonesia meraih kemenangan melawan Myanmar, skuat ‘Garuda Muda’ mungkin akan memiliki selisih gol lebih rendah. Namun, di SEA Games peraturan kompetisi sejalan dengan peraturan di Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), yaitu melihat head to head pertemuan, maka Indonesia akan lolos ke semifinal apabila meraih kemenangan.

Indonesia mengumpulkan empat poin berada di peringkat ketiga, sementara Myanmar berada di puncak grup dengan perolehan tujuh poin. Jika Indonesia menang, mereka akan menyamai perolehan poin Myanmar.

Tapi Myanmar saat ini memiliki selisih gol plus lima, sementara Indonesia adalah negatif dua. Di peraturan FIFA atau AFF, jika tim mempunyai poin sama, maka selisih gol dilihat.

Namun berdasarkan peraturan AFC, apabila ada kedua tim mempunyai poin sama, maka tim pemenang akan ditentukan melalui head to head pertemuan. Sementara, Thailand dipastikan telah lolos dari babak penyisihan Grup B, sebab secara head to head skuat asuhan pelatih Kiatisuk Senamuang meraih kemenangan 4-1 dari Indonesia pada Kamis (12/12/2013).

Berikut Pencapaian Indonesia di babak penyisihan Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2013:

Kamboja vs Indonesia 0-1 (9/12/2013)

Indonesia vs Thailand 1-4 (12/12/2013)

Timor Leste vs Indonesia 0-0 (14/12/2013)

Sumber tribunnews

Tidak ada komentar